Denpasar (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan, menyambangi pemerintah Provinsi Bali, mulai hari ini. Ini adalah kunjungan perdana dia ke luar Jakarta semenjak menyerahkan surat kepercayaan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kepada Presiden Jokowi.

Di Bali, Donovan --menggantikan Robert Blake Jr-- hadir untuk menindaklanjuti kerja sama dalam penanganan kebersihan dan persampahan yang selama ini telah dijalankan dengan Kota Denpasar.

Kedatangan Donovan disambut Wali Kota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Denpasar, Ida Bagus Rahoela, serta sejumlah organisasi perangkat daerah.

Ia mengatakan di tengah-tengah kesibukannya yang cukup padat menghadiri berbagai acara di Bali menyempatkan diri menyambangi ke pemerintah Kota Denpasar untuk melihat secara dekat perkembangan Kota Denpasar.

Dalam pertemuan itu, dia membahas berbagai program kepemerintahan yang meliputi program pelayanan publik, hingga program penanganan sampah serta lingkungan.

Datang ke Denpasar, kata dia, sudah yang ketiga kali. Dia merasa ada perubahan Kota Denpasar, yang dia nyatakan, tak terlepas dari sinergitas program pemerintahan setempat seluruh elemen warga masyarakat.

Ia mengapresiasi Program Kota Cerdas yang diluncurkan Mantra, salah satunya melalui Program Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar Plus, sehingga keluhan warga bisa disalurkan lewat media tersebut.

"Ini menjadi ide dan inovasi yang sangat baik lewat program Smart City melakukan keterbukaan jajaran pemerintahan Kota Denpasar bersama masyarakat dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kota," ujar Donovan.

Untuk permasalahan lingkungan, kata dia, saat ini pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat telah melakukan kerja sama dan pembahasan. Sehingga dalam kunjungan di Kota Denpasar serta bertatap muka dengan Mantra juga melakukan pembahasan berbagai program kerja sama dan penanganan permasalahan lingkungan di perkotaan.

Sementara Mantra mengatakan, berbagai program kali ini juga tak terlepas dari keterlibatannya dalam deretan wali kota di Indonesia yang mendapatkan kesempatan dari pemerintah mengikuti pendidikan di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat.

Dari pendidikan ini dilanjutkan penerapan berbagai program pelayanan publik di Kota Denpasar yang diikuti dengan melakukan reformasi birokrasi di seluruh OPD Kota Denpasar.

Program Pengaduan Rakyat Online (Pro) Denpasar Plus, diklaim pemerintah Kota Denpasar dapat memberi respon cepat masing-masing OPD melalui aplikasi Android. Di antaranya tentang sistem pengaturan lalu-lintas, lowongan kerja, serta pengaduan berbagai permasalahan pelayanan publik.