Jakarta (ANTARA News) - Kepolisan mulai membuka akses lalulintas di Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, depan Gedung Kementerian Pertanian RI yang menjadi lokasi sidang sementara perkara dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jalan RM Harsono dari perempatan TB Simatupang hingga setelah Gedung Kementerian Pertanian sempat ditutup untuk dialihkan ke Cilandak Barat sejak Selasa pagi pukul 09.00WIB menyusul aksi unjuk rasa massa pendukung dan penentang Ahok di lokasi.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Indra Jafar mengatakan jalur Transjakarta koridor VI rute Ragunan-Dukuh Atas yang melintas di depan Gedung Kementerian Pertanian sudah dibuka pada pukul 16.30 WIB.

"Jalur Transjakarta sudah dibuka sore ini," kata Indra Jafar di depan Gedung Kementerian Pertanian, Selasa.

Ia berharap massa yang berunjuk rasa bisa mengakhiri kegiatannya pada pukul 17.30 WIB agar seluruh lajur di Jalan RM Harsono bisa dilintasi pengendara.

"Jika tetap melakukan orasi ya silakan kendaraannya dipinggirkan, tapi harapan kami massa sudah membubarkan diri dengan tertib sore ini. Massa diharapkan bubar pukul 17.30 WIB," lanjut dia.

Pantauan di lokasi hingga pukul 16.40 WIB, belasan armada Transjakarta telah melintas di depan Gedung Kementerian Pertanian. Namun sejumlah kendaraan pribadi ikut masuk ke jalur Transjakarta menyusul ruas jalan utama yang masih digunakan untuk berorasi.