Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan bahwa kepercayaan investor terhadap iklim investasi Indonesia tetap tinggi melalui gelaran Forbes Global CEO Conference.

Melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, kehadiran 400 pemimpin dunia usaha dalam Forbes Global CEO Conference menjadi salah satu indikator terhadap minat investor global terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

"Sekarang sentimen investor sedang bagus-bagusnya. Setelah bertahun-tahun melakukan reformasi dan perbaikan, akhirnya kepercayaan investor lagi tinggi sekarang," kata Tom, sapaan Thomas.

Dengan kepercayaan investor yang tinggi, dia merasa optimistis target investasi pada tahun ini sebesar Rp594,8 triliun serta target investasi tahun depan sebesar Rp678,8 triliun dapat tercapai.

"Pemerintah akan terus mengupayakan agar reformasi ekonomi yang dilakukan terus berlanjut dan berdampak secara fundamental untuk perbaikan Indonesia," katanya.

Perbaikan yang dilakukan pemerintah tersebut mendapat respons positif dari kalangan CEO yang hadir.

Steve Forbes yang menyampaikan sambutan untuk membuka pidato Presiden RI Joko Widodo, Selasa (29/11) petang, mengapresiasi langkah-langkah terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk menarik investasi.

Terobosan itu di antaranya program amnesti pajak yang dinilai berhasil menarik dana-dana yang ditempatkan di luar negeri.

CEO Wanda Group Jianlin Wang yang mendapatkan penghargaan "Lifetime Achievement Malcolm S. Forbes" juga mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia dalam melakukan berbagai perbaikan iklim investasi.

Selain CEO Wanda Group, hadir dalam acara yang didukung oleh BKPM tersebut beberapa CEO perusahaan global, seperti CEO Wilmar International Khoon Hong Kuok, Senior Chairman Orix Corporation Yoshihiko Miyauchi, CEO Living Essentials Manoj Bhargava, CEO Fosun Xinjun Liang, Group CEO Grab Anthony Tan, serta Chairman dan CEO Mayapada Group Dato Sri Tahir.

Dari kalangan pengusaha dan beberapa perusahaan di Indonesia, di antaranya Ketua Umum Kadin Rosan Roslani, CEO PT Bakrie Global Ventura Anindya Bakrie, dan CEO Telkom Telstra Erik Meijer.

Forbes Global CEO Conference digelar di Jakarta pada tanggal 29 November hingga 1 Desember 2016.