New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street dibuka bervariasi pada Jumat, karena investor menunggu pernyataan pejabat-pejabat Federal Reserve AS tentang kebijakan moneter dan terus mempertimbangkan komentar dari Ketua Fed Janet Yellen.

Beberapa pembuat kebijakan dari bank sentral AS, termasuk Presiden Fed Kansas City Esther George dan Presiden Fed New York Bill Dudley, dijadwalkan akan berbicara pada Jumat, lapor Xinhua.

Yellen mengatakan pada Kamis bahwa akan tepat bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga relatif segera, dan memperingatkan risiko-risiko mempertahankan tingkat suku bunga rendah terlalu lama.

"Komite (Pasar Terbuka Federal) menilai bahwa alasan untuk meningkatkan kisaran target terus menguat dan bahwa peningkatan itu juga bisa menjadi tepat relatif segera jika data yang masuk memberikan beberapa bukti lebih lanjut dari kemajuan lanjutan menuju tujuan Komite," kata Yellen.

Para analis mengambil komentar tersebut sebagai indikasi jelas bahwa bank sentral bisa menaikkan suku bunga bulan depan.

Menurut alat FedWatch CME Group, ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga pada Desember adalah 90,6 persen.

Tak lama setelah bel pembukaan, Dow Jones Industrial Average merosot 22,12 poin atau 0,12 persen menjadi 18.881,70 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 0,59 poin atau 0,03 persen menjadi 2.186,53 poin, sedangkan indeks komposit Nasdaq naik 5,21 poin atau 0,10 persen menjadi 5.339,18 poin.
(Uu.A026/B012)