Jakarta (ANTARA News) - Massa dari berbagai majelis dan elemen masyarakat dari berbagai daerah pagi ini memenuhi kawasan Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat untuk mengikuti aksi unjuk rasa menuntut penegakan hukum kasus penistaan agama.

Massa dari Majelis Adzzikra, Bogor; Masjid Izzatul Islam Bekasi; Laskar Pembela Islam dan yang lainnya berkumpul di kawasan Pintu Selatan Masjid Istiqlal di depan kantor Pertamina.

Para pemimpin rombongan terlihat mengatur anggotanya memasuki Masjid Istiqlal dengan tertib dan menyarankan mereka segera mengambil wudhu dan kemudian berdzikir dan menunaikan shalat Jumat.

Beberapa petugas dari berbagai elemen masyarakat terlihat membantu polisi mengatur arus lalu lintas di sekitar lokasi yang pagi dijaga beberapa anggota kepolisian.

Kiai Jafar Siddiq dari Jakarta dalam orasinya menegaskan bahwa aksi warga tidak berkaitan dengan pemilihan kepala daerah dan politik.

Ia mengatakan bahwa umat Islam yang melakukan aksi dipersatukan oleh Alquran, lalu memimpin massa berdzikir memuji Allah serta melantunkan shalawat untuk Rosulullah.