Jakarta (ANTARA News) - Sekelompok demonstran yang berjumlah sekitar 200 orang secara bergelombang berdatangan ke kawasan Masjid Istiqlal, tempat yang dijadikan sebagai salah satu titik kumpul, menjelang unjuk rasa besar pada Jumat (4/11).

"Terpantau sampai saat ini menurut data kami, dari beberapa gerbang, sekitar 150 sampai 200 orang yang sudah datang berkumpul di Istiqlal," kata Kapolsek Sawah Besar Kombes Pol Ridwan RS di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis malam.

Ia mengatakan, massa mulai mendatangi masjid terbesar di Indonesia itu sejak Kamis siang dan diperkirakan terus bertambah hingga Jumat dini hari dan menjelang shalat Jumat esok.

"Kegiatan mereka, biasanya tetap mengikuti rutinitas sholat seperti biasa, melakukan berbagai kegiatan di sekitar masjid karena mereka kebanyakan dari luar Jakarta atau Jawa," katanya.

Pantauan Antara News di Masjid Istiqlal, tidak ada kegiatan mencolok yang terjadi. Beberapa jamaah melakukan kegiatan di sekitar masjid seperti biasa.

Ridwan mengimbau, jamaah yang datang dari mana pun harus mengikuti aturan-aturan karena Masjid Istiqlal adalah tempat ibadah.

"Kegiatan di luar ibadah silakan dilakukan. Kami tetap melakukan penertiban agar tetap terkendali," katanya.

Untuk menghadapi besok, Polsek Sawah Besar sudah melakukan persiapan pengamanan dengan jumlah personel yang sifatnya standar, yaitu 30 sampai 40 orang.