Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menuturkan Jambore Nasional Warga Binaan 2016 akan digelar di Kabupaten Garut, pada 13 Oktober dengan peserta sebanyak 150 warga binaan dari seluruh lembaga pemasyarakat di Jawa Barat menjadi wakil di kegiatan tersebut.

"Tadi pagi, Bu Kakanwil Kemenkumham Jabar datang ke sini untuk menginformasikan bahwa di Garut akan ada kegiatan jambore untuk warga binaan dan beliau secara resmi mengundang untuk hadir di acara tersebut," kata Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, Kamis.

Ia menuturkan berdasarkan data Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM, ada sekitar 500 warga binaan di Indonesia yang menghuni lapas dan rumah tahanan (Rutan) dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh Indonesia akan mengikuti kegiatan tersebut.

"Jadi pada Jambore tahun ini akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di mana para narapidana dari berbagai kasus pidana akan terjun langsung ke lokasi bencana alam banjir bandang yang menerjang Kabupaten Garut beberapa waktu lalu," kata dia.

Ia mengatakan tahun-tahun sebelumnya Jambore Nasional Warga Binaan ini biasa dilaksanakan di Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur dan diisi dengan berbagai jenis kegiatan ketangkasan yang diberikan pada seluruh narapidana yang memang sudah memasuki masa asimilasi.

Akan tetapi, kata dia, janbore kali ini dilaksanakan di Garut untuk menghadirkan tanggung jawab dan rasa empati kepada semua pihak termasuk pada pihak yang terkena musibah.

"Pada kegiatan jambore warga binaan tahun ini tidak dilaksanakan di Cibubur tapi di Garut sehingga nanti ada bakti sosial, juga untuk ikut menyelesaikan, meringankan beban para korban yang ada di Garut," lanjut Aher.