Rio de Janeiro (ANTARA News) - Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan memiliki cara khas untuk mengenal panggung tempat pertandingan cabang angkat besi Olimpiade ke-31 di Paviliun 2 Kompleks Olahraga Riocentro, Rio de Janeiro, Brasil.

Yaitu dengan datang pada saat pertandingan resmi rekannya di kelas lain, kemudian di tengah hiruk pikuk di stadion seusai pengalungan medali pemenang, dan saat para juara diwawancarai wartawan, diam-diam dia naik ke panggung pertandingan itu.

Seperti ketika pertandingan kelas 48 kilogram putri yang dimenangi rekannya Sri Wahyuni, Sabtu (6/8) lalu, Eko memanfaatkan waktu singkat untuk naik panggung, saat arena di bawah panggung sedang ramai oleh para delegasi yang merayakan kemenangan atletnya dan juga banyak wartawan yang mewawancarai para juara.

Tapi, ia tidak mungkin berlama-lama di panggung karena petugas bakal mengusirnya.

"Sudah dapat titik-titiknya," kata Eko yang pada Senin petang (Selasa pagi WIB) akan tampil pada pertandingan kelas 62 putra.

Yang dimaksud Eko adalah titik-titik di panggung yang akan dia pijak saat pertandingan resmi.

"Setidaknya saya tahu bagaimana situasinya nanti, apa yang akan saya lihat nanti saat bertanding, dan seperti apa sorotan lampu-lampu di pangggung," kata peraih perunggu Olimpiade London 2012 itu lagi.

Mengenal panggung dengan cara seperti itu, akan lebih dekat dengan situasi sebenarnya ketimbang mencobanya pada saat latihan atau pra-pertandingan, mengingat sorot lampu atau pun situasi penonton yang berbeda.