Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek memprediksi arus lalu lintas mudik Lebaran 1437 H/2016 akan mengalir stabil hingga kondisi puncak pada Jumat (1/7).

"Masyarakat pengguna jalan tol sudah bisa mengatur perjalanannya. Mudah-mudahan arus puncak mudik pada Jumat (1/7) kondisi lalu lintas tetap stabil," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto di Bekasi, Kamis.

Menurut dia, volume kendaraan pada Rabu (29/6) di Gerbang Tol Cikarang Utama mencapai 93.173 unit untuk yang mengarah ke Cipali dan Cikampek dari Jakarta.

Situasi itu, kata Iwan, diperkirakan mengalami lonjakan sekitar 23 persen dari lalin normal 76.000 unit.

"Situasi ini sesuai dengan prediksi kami sebanyak 93.800 kendaraan. Artinya situasi masih terkendali dengan baik," katanya.

Dikatakan Iwan, pola pemberangkatan pemudik yang stabil sejak H-7 akan memecah volume kendaraan pada saat arus puncak nanti sehingga tidak menimbulkan dampak kemacetan parah di dalam tol.

Iwan mengatakan, pemudik sebelumnya telah diimbau untuk menghindari pemberangkatan pada arus puncak karena akan menguras stamina serta waktu perjalanan menuju kampung halaman.

"Sepertinya imbauan ini telah direspon oleh pemudik sehingga pantauan kami arus lalu lintas Jakarta-Cikampek masih terpantau kondusif hingga saat ini," katanya.