Jakarta (ANTARA News) - ‭Penyedia manajemen data dan platfor‬m analitik‭ ‬mengumumkan kerjasamanya dengan Microsoft untuk mengurangi beban para pengembang aplikasi yang memanfaatkan Spark.

Cloudera dan Microsoft, bersama-sama dengan para kontributor open‭ ‬source‭ lainnya, telah membangun sebuah open source berlisensi Apache Spark‬ Service ‭ ‬berbasis REST,‭ ‬yang dinamai‭ Livy‬, yang saat ini masih dalam tahap pengembangan alfa awal.

"Microsoft berfokus pada penyederhanaan ‭big data‬ dan analitik canggih untuk membuat teknologi‭ ‬seperti Apache‭ ‬Hadoop‭ ‬dan‭ ‬Spark‭ ‬dapat‭ ‬tersedia‭ ‬bagi‭ ‬semua‭ ‬orang," kata Tiffany Wissner, ‭Senior Director of Data Platform Marketing‬ Microsoft, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Senin.

"Kolaborasi di Proyek‭ ‬Livy‭ ‬mampu‭ ‬menciptakan‭ ‬interaksi‭ ‬yang‭ ‬mudah‭ ‬dengan‭ ‬Spark‭ ‬bagi‭ ‬para pengembang melalui layanan situs REST dan mampu membuat Spark siap dipergunakan oleh‭ ‬perusahaan‭ ‬sebagai ‭back-end ‬yang‭ ‬kuat‭ ‬untuk‭ ‬menjalankan ‭notebook ‬yang interaktif," sambung dia.


Livy menghadirkan sebuah cara yang mudah bagi aplikasi untuk berinteraksi antarmuka dengan Spark, menyerahkan pekerjaan dan mengambil hasil secara pemrograman.

Pada dasarnya,‭ ‬Livy‭ ‬adalah‭ ‬sebuah‭ ‬server‭ ‬ ‭ ‬REST‭ ‬untuk‭ ‬mengirimkan,‭ ‬menjalankan,‭ ‬ ‭ ‬dan mengelola‭ ‬pekerjaan‭ ‬dan‭ ‬konteks‭ ‬Spark.

‭Client‬ API-nya memungkinkan‭ ‬penyerahan pekerjaan Spark dan pengambilan hasil yang berkualitas secara sinkron atau asinkron.


Para klien‭ ‬ dapat memakai Spark seperti layanan‭ ‬ ‭multi-tenant‬, dan tidak perlu khawatir tentang‭ ‬ pengimplementasian, ‭ ‬konfigurasi atau pemantauan.

Livy‭ ‬menghadirkan‭ ‬Spark sebagai layanan ‭multi-tenant‬ dengan isolasi sesi, keamanan dan‭ user-impersonation‬.

Manfaat utama Livy antara lain ‭mengurangi friksi dalam pemakaian spark, memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan spark, dan memungkinkan asitektur-arsitektur baru.‬ "Kami melihat suatu kecenderungan alami antara para pelanggan dan‭ ‬mitra kami untuk meningkatkan kemampuan Spark‭ ‬dari‭ ‬aplikasi‭ ‬klien yang‭ ‬dapat dengan‭ ‬mudah‭ ‬berinteraksi‭ ‬antarmuka‭ ‬dengan‭ ‬Spark,‭ ‬dan‭ ‬Livy‭ ‬mungkinkan‭ ‬hal‭ ‬itu terwujud,” kata‭ ‬Anand Iyer,‭ Senior Product Manager‬ Cloudera.

"Livy akan membuka Spark‭ ‬untuk‭ ‬kasus‭ ‬penggunaan‭ ‬baru,‭ ‬dan‭ ‬kami‭ ‬berharap‭ ‬hal‭ ‬ini‭ ‬dapat‭ ‬menarik komunitas pengembang yang tidak hanya akan membangun‭ ‬aplikasi pada Livy,‭ ‬tetapi juga‭ ‬berkontribusi‭ ‬untuk‭ ‬itu,‭ ‬membantu‭ ‬membentuk‭ ‬API-nya‭ ‬serta‭ ‬meningkatkan
fungsionalitasnya," tambah dia.