Jakarta (ANTARA News) - Wales bisa memastikan satu tempat pada babak knockout Euro 2016 saat menghadapi Rusia pada laga terakhir fase grup mereka di Grup F di Stadion Municipal, Toulouse, namun Gareth Bale mengkhawatirkan ancama Rusia yang tengah terluka.

Gol menit terakhir Daniel Sturridge mengantarkan Wales menelan kekalahan saat melawan Inggris Kamis pekan llau, namun kemenangan 2-1 mereka pada laga pembuka melawan Slowakia mengartikan tim asuhan Chris Coleman itu masih berada pada posisi bagus untuk lolos ke 16 Besar.

Rusia mesti menang melawan Wales guna menghindari tersingkir dari turnamen. Tim Leonid Slutsky yang dihimpit cedera sempat membuat frustasi Inggris pada laga pembuka, namun dibungkam Slowakia 1-2 Rabu pekan lalu yang membuat mereka menjadi juru kunci Grup B.

Kemenangan atas Wales pun belum menjamin tim Slutsky maju ke babak berikutnya, kendati empat poin sepertinya cukup untuk meloloskan Rusia sebagai salah satu tim berperingkat ketiga terbaik.

Penyerang Wales Gareth Bale mencetak gol pada kedua pertandingan sebelum ini, namun kesulitan menularkan dampak pada permainan terbuka saat melawan Inggris dan muncul kekhawatiran dia akan menghadapi kembali pertandingan yang sulit.

"Jelas kami tahu Rusia tim besar, namun kami akan penuh percaya diri untuk berusaha menang dan maju," kata Bale. "Kami tim yang sangat bekerja keras, selalu begitu, dan itulah yang menjadi basis keberhasilan kami."

Kabar Tim

Wales kehilangan Joe Ledley pada separuh babak kedua saat melawan Inggris karena cedera betis, namun gelandang Crystal Palace itu sudah menyatakan siap diturunkan melawan Rusia.

Coleman kemungkinan akan memasang starting XI yang diturunkan saat awal pertandingan melawan Inggris.

Daftar pemain cedera pada Rusia memanjang ketika pemain Zenit St Petersburg Oleg Shatov mengalami masalah pada selangkangan. Pemain sayap ini kemungkinan absen yang mungkin akan digantikan gelandang serang Pavel Mamayev.

Statistik

Rusia menang pada tiga pertemuan terakhirnya dengan Wales dengan melampui rekor gol enam melawan dua.

Rusia hanya sekali lolos ke babak knockout Piala Eropa pada empat kesempatan.

Rusia hanya sekali memenangkan tujuh laga internasional terakhirnya (selebihnya seri dua kali, kalah empat kali) setelah menggulung Lithuania 3-0 Maret silam.

Tiga gol terakhir Rusia pada Piala Eropa berasal dari sundulan.

Wales mencetak gol dari tembakan mengenai sasaran pertama pada dua pertandingan Euro 2016 sebelumnya; keduanya dari tendangan bebas langsung Gareth Bale.

Sejak awal kualifikasi, Gareth Bale telah mencetak atau mengaransemen 11 gol dari 14 gol Wales pada pertandingan-pertandingan kompetitif (bukan laga persahabatan), demikian Sky Sports.