Pekanbaru (ANTARA News) - Dari 20 bus bantuan Kementerian Perhubungan untuk armada Trans Metro Pekanbaru, hanya sembilan yang bisa beroperasi lagi, sementara 11 lainnya masih mangkrak di Bandar Raya Payung Sekaki.

"Sembilan bus yang sempat mangkrak sudah diperbaiki, kemaren sudah beroperasi kembali," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pekanbaru, Arifin Harahap, di Pekanbaru, Senin.

Arifin Harahap menjelaskan bahwa sebelumnya ada 20 bus bantuan Kemenhub yang diberikan bagi Pekanbaru tahun 2009 lalu. Namun, beberapa tahun terakhir tidak lagi digunakan karena rusak yang akhirnya mangkrak.

Kini sembilan di antaranya sudah diperbaiki dan bisa beroperasi kembali melayani angkutan umum.

"Karena pemerintah kota masih terbatas dananya, maka baru sembilan yang diperbaiki," tuturnya.

Sembilan bus tersebut ditempatkan untuk Koridor I, jurusan Pandau Permai-Ramayana, serta Pandau-BRPS.

Dipilihnya penempatan sembilan bus ini disesuaikan dengan jalur lalu lintas karena badan bus yang lebar. Di Koridor I jumlah penumpang juga tinggi.

"Dengan sembilan bus ini maka akan mempercepat jarak tunggu penumpang," urainya.

Saat ini ada 14 bus Trans Metro Pekanbaru yang akan melayani Koridor I. Sembilan bus besar yang sudah diperbaiki, sisanya lima menggunakan bus ukuran sedang.

"Sebelumnya di koridor I dilayani 14 bus ukuran sedang, kini di-rolling yang berbadan besar ditaruh di sana," tambahnya.

Sekedar informasi saat ini Pekanbaru sudah dilayani 84 bus TMP, dengan delapan koridor. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya hanya 75 unit bus berukuran sedang.