Kuching (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Oesman Sapta menemui warga Indonesia di Kuching, Sarawak, untuk beramah-tamah dan mengajak semua warga mengembalikan keutuhan nasionalisme.

"Di manapun kita berada dan dalam kondisi Indonesia yang sulit sekalipun, kita harus tetap menjaga nasionalisme," katanya di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Malaysia, Selasa malam.

Oesman mencontohkan rakyat Jepang, yang dinilainya memiliki nasionalisme kuat dan menjaga harga diri bangsa.

"Mari kita lihat jepang, rasa nasionalisme mereka kuat untuk bertahan di tengah perekonomian dan menjaga harga dirinya. Begitu juga dengan China yang membuat perekonomiannya semakin maju," ujarnya.

Selain itu Oesman juga menyampaikan Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Acara tersebut dihadiri berbagai kalangan antara lain tenaga kerja dan mahasiswa.

"Rasa cinta dan rasa rindu kepada negara harus terus dijaga. Kami terus mengingatkan berulang-ulang kali tentang Empat Pilar MPR," tuturnya.

Untuk memotivasi para mahasiswa, Oesman juga bercerita tentang masa remajanya yang pernah menjadi penjual rokok dan pemikul karet. Ia menekankan bahwa salah satu yang terpenting dalam mencapai kesuksesan adalah kerajinan dan kegigihan merubah nasib.