Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mewadahi aspirasi kreatifitas modifikator muda Indonesia dengan menggelar Honda Modif Contest (HMC) 2016 yang diadakan semakin luas ke 15 kota.

"Kami sadar jumlah modifikator muda berkreativitas tinggi sangat banyak tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami memperluas area kontes modifikasi Honda," kata General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra, dalam keterangan tertulis, Minggu.

Gelaran akbar modifikasi sepeda motor terbesar di Indonesia ini ditargetkan mampu merangkul sebanyak 1.900 modifikator muda berbakat di seluruh Indonesia.

Selain itu, HMC 2016 juga memberikan area khusus modifikasi bagu para anggota komunitas sepeda motor Honda yang turut dilombakan di setiap kota penyelenggaraan.

HMC secara konsisten digelar sejak 2009 dengan menggandeng ratusan modifikator berbakat Tanah Air setiap tahunnya. Gelaran tahun ini diperluas dari HMC 2015 yang berjumlah delapan kota.

Tahun ini, HMC 2016 menambah 3 kelas penghargaan motor modifikasi terbaik untuk Special Achievement yaitu Best Innovation, Best Rookie, dan Best Pick.

Untuk memastikan motor yang dimodifikasi ini aman dikendarai, dalam kriteria penilaian, AHM memasukkan syarat wajib uji coba kelayakan jalan sejauh 300 meter.

"Tentunya motor modifikasi di HMC tidak hanya harus baik secara estetika dan teknik modifikasi, tapi juga harus aman dan layak dikendarai di jalan raya,” ujar Indraputra.

Dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara ke seluruh peserta dan pengunjung HMC 2016, AHM dan jaringan main dealernya menggelar kegiatan seminar dan edukasi safety riding di sela-sela kegiatan modifikasi ini.‎ HMC 2016 mulai dibuka di kota Bandung, Jawa Barat pada 5-6 Maret. Selanjutnya, tahun ini kegiatan serupa juga digelar di Solo, Jawa Tengah (19-20 Maret), Makassar, Sulawesi Selatan (2-3 April), Banjarmasin, Kalimantan Selatan (16-17 April), Bandar Lampung, Lampung (30 April – 1 Mei), Serpong, Tangerang Selatan (7-8 Mei), Cirebon, Jawa Barat (14-15 Mei), Pekanbaru, Riau (28-29 Mei), Denpasar, Bali (18-19 Juni).

Selain itu Surabaya, Jawa Timur (23-24 Juli), Manado, Sulawesi Utara (6-7 Agustus), Mataram, Nusa Tenggara Barat (20-21 Agustus), Malang, Jawa Timur (27-28 Agustus), Balikpapan, Kalimantan Timur (3-4 September), dan ditutup melalui Final Battle HMC 2016 di Jakarta (17-18 September).