Lausanne, Swiss (ANTARA News) - 47 persen tiket untuk menonton Olimpiade 2016 di Rio De Janeiro, Brasil, sudah terjual lima bulan menjelang pesta olahraga sejagat itu mulai, kata panitia seperti dikutip Reuters, hari ini.

Total 7,8 juta tiket dipasarkan pada event yang berlangsung dari 5 sampai 21 Agustus 2016 itu.

"Sekitar 47 persen tiket sudah terjual," kata direktur komunikasi Olimpiade Rio 2016 Mario Andrada.

Ia mengatakan, pendapatan dari tiket telah mencapai 74 persen dari target, dengan senilai 194 juta dolar AS. Untuk pertandingan-pertandingan utama dan acara pembukaan, tiket sudah habis.

Harga tiap tiket Olimpiade yang pertama digelar di Amerika Selatan ini berkisar 10 hingga 1.150 dolar AS.

Lebih dari separuhnya berharga kurang dari 17 dolar AS, lebih murah dari tiket Olimpiade London 2012 yang ketika itu sekitar 32 dolar AS.

Pada Olimpiade 2012 panitia berhasil mencapai target penjualan tiket beberapa bulan sebelumnya karena tingginya permintaan, dan lebih dari satu juta pemesan gagal mendapatkan tiket.

Ketika itu 8,2 juta dari 8,5 juta tiket yang dipasarkan terjual.

Ketua Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach tidak terlalu mengkhawatirkan penjualan tiket di Brasil yang tengah dilanda masalah politik, krisis ekonomi dan virus zika.

"Ada perbedaan budaya. Warga Brasil tidak membeli tiket terlalu awal dibanding dengan warga Inggris atau Jerman," kata Bach. "Saya tidak ragu, pada saatnya jumlah tiket yang terjual pasti naik."

(T004/D011)