Koba (ANTARA News) - Sebanyak 500 pemuda di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung diterjunkan untuk membantu menyukseskan berbagai kegiatan menjelang gerhana matahari total (GMT) yang terjadi pada 9 Maret 2016 di daerah itu.

"Sebanyak 500 pemuda ini kami kerahkan dan disebar di beberapa titik yang menjadi lokasi pantau GMT untuk membantu pemerintah daerah menyukseskan GMT bertajuk wisata GMT ini," kata Ketua KNPI Bangka Tengah, Palmulip di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, ratusan pemuda tersebut membantu memobilisasi pengunjung dari dari satu titik pantau ke titik pantau yang lainnya.

"Pemuda tersebut juga membantu mengatur kendaraan yang diparkir di lokasi khusus disediakan pemerintah daerah untuk pengunjung GMT," ujarnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Panitia Besar GMT terkait pengerahan sebanyak 500 pemuda untuk menyukseskan penomena alam besar tersebut.

"Pada prinsipnya mereka sangat mendukung dan bahkan siap membantu menyediakan apa yang dibutuhkan pemuda untuk menjalankan tugasnya," ujarnya.

Ia mengatakan, 500 pemuda tersebut diterjunkan pada 8 hingga 9 Maret 2016 dan mendirikan tenda khusus untuk para pemuda.

"Gerhana matahari total itu terjadi pada 9 Maret 2016 dengan mengambil titik pantau di sepanjang pantai Desa Terentang III," ujarnya.

Ia berharap persiapan pemerintah derah menyongsong GMT benar-benar matang karena para pengunjung tidak hanya dari dalam daerah tetapi juga luar daerah dan bahkan para pengunjung dari berbagai negara.

"Kami sebagai pemuda tentu siap memberikan kontribusi sesuai kapasitas kami sebagai pemuda," ujarnya.