Sevilla (ANTARA News) - Satu laga dua misi, inilah rangkuman yang bisa ditarik dari duel antara Real Betis dengan Real Madrid. Semuanya dibalut dan dilabel dalam kemasan laga bola yang menuntut kedua tim berjuang berbekal keyakinan diri plus optmisme.

Memasuki jornada ke-21, Real Betis sekarang teronggok di peringkat ke-15 klasemen Liga Spanyol (La Liga), sementara Real Madrid memerlukan kemenangan agar tetap dapat bersaing di sirkuit gelaran liga domestik.

Pembuktiannya? Dalam palagan antara Real Betis dengan Real Madrid yang akan digelar di Estadio Benito Villamarín, Sevilla, pada Minggu waktu setempat, atau Senin dini hari, pukul 02.30 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Los Blancos tidak terpengaruh dengan absennya Gareth Bale manakala menghadapi pertarungan melawan Betis. Pemain depan Madrid ini keluar lapangan di babak pertama ketika timnya menang 5-1 melawan Sporting Gijon. Ia mengalami cedera betis yang memerlukan penyembuhan selama tiga pekan ke depan.

Peringkat ke-15 di klasemen Liga Spanyol - yang berarti kurang empat poin lagi terdegradasi - tentu saja mempengaruhi semangat bertanding tim secara keseluruhan, apalagi lawan yang dihadapi klub papan atas.

Betis di bawah asuhan pelatih Juan Merino ini menelan empat kekalahan dari lima laga dan sekali imbang (0-0) dengan Villareal selama kurun 3 sampai dengan 16 Januari 2016. mereka bahkan hanya mampu mencetak sebiji gol ke gawang lawan. Ini artinya, pasukan Betis perlu lebih kencang memacu kepercayaan diri menghadapi Real Madrid.

Secara taktik, Betis tidak jarang menggunakan formasi 4-4-2 dibandingkan dengan 4-2-3-1. Kedua formasi ini memerlukan lini pertahanan yang kokoh dan mampu melancarkan serangan balik yang cepat dan efektif. Hanya saja sang juru taktik Juan condong mengandalkan 4-4-2 dengan mendorong seorang pemain yang berpedan sebagai ekstra striker yang bertugas membuka pertahanan lawan.

Dengan bermodal sederet bintang dunia, Madrid di bawah arahan pelatih Zinedine Zidane mampu menampilan sepak bola atraktif. Entrenador berpaspor Prancis ini cenderung menggunakan pakem bermain 4-3-3 atau 4-2-3-1.

Cristiano Ronaldo bersama dengan Benzema siap tampil bermain mengisi lini depan, dengan ditopang Jese dan James yang siap berkolaborasi. Isco juga siap turun berlaga setelah mengukir penampilan menawan dalam dua laga sebelumnya.

Zidane akan memasang Modric dan Kroos untuk mengisi lini gelandang, sementara lini pertahanan akan ditempati oleh Pepe atau Varane karena Ramos masih absen. Marcelo dan Carvajal besar kemungkinan berperan sebagai ful-bek.

Komentar dua pelatih:

* Juan Merino (Real Betis):
"Madrid mempunyai kekuatan yang merata di semua lini. Jika salah seorang pemain berhalangan, maka ada pemain selevel yang dapat mengisi kekosongan itu. Sebagai tim, mereka kuat dan berkualitas."

"Kami harus bekerja lebih keras menghadapi mereka. Hasil imbang di Villareal (pada Sabtu lalu) dapat mendongkrak kepercayaan diri kami melawan mereka. Jika kami tampil seperti yang diharapkan, maka bukan mustahil kami meraih kemenangan."

"Untuk itu, kami harus membuat Madrid tidak begitu nyaman. Kami harus bermain lebih bersemangat untuk dapat menang melawan mereka."

* Zinedine Zidane (Real Madrid):
"Anda dapat menyaksikan kemarin bahwa ia (James Rodriguez) telah pulih dan mampu berlatih penuh bersama dengan rekan-rekannya. Saya amat senang karena ia selama ini bekerja keras dan bertanding dengan bersemangat. Ia siap turun bertanding."

"Saya tidak terusik dengan rumor, karena itu kami tidak ambil pusing dengan rumor yang beredar. Ia mengatakan dirinya rileks, dan terpenting tetap fokus pada pertandingan pekan ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Real Betis (4-2-3-1):
Adan (penjaga gawang), Vargas, Gonzalez, Pessella, Molinero, N'Diaye, Petros, Cejudo, Fabian, Kadir, Castro

* Real Madrid (4-3-3):
Navas (penjaga gawang), Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo, Isco, Kroos, Modric, Jese, Benzema, Ronaldo

Data dan fakta (Opta Facts):

* Betis menelan delapan kekalahan dari sembilan laga melawan Real Madrid.
* Raihan bertanding di kandang, Betis yang berjuluk Verdiblancos telah melakono tujuh pertandingan tanpa sekali pun meraih kemenangan (dua kali imbang, dan lima kali kalah).
* Raihan bertanding tandang, Real Madrid yang berjuluk si Putih meraih sekali kemenangan dari empat laga di ajang Liga Spanyol (dua kali imbang, dua kali kalah), 0-2 melawan Eibar.
* Real Betis tampil sebagai tim yang sedikit sekali mencetak gol jika bertanding di kandang sepanjang musim ini (enam laga, 0,67 per laga).
* Real Madrid mencatatkan diri sebagai tim yang terbanyak melesakkan gol jika berlaga di kandang sepanjang musim ini (mencetak 18 gol, dua gol per laga).

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Real Betis: D L L L L

16-01-16 Villarreal 0 - 0 Real Betis
12-01-16 Sevilla 4 - 0 Real Betis
09-01-16 Getafe 1 - 0 Real Betis
06-01-16 Real Betis 0 - 2 Sevilla
03-01-16 Real Betis 0 - 4 Eibar

* Real Madrid: W W D W W

17-01-16 Real Madrid 5 - 1 Sporting de Gijón
09-01-16 Real Madrid 5 - 0 Deportivo de La Coruña
03-01-16 Valencia 2 - 2 Real Madrid
30-12-15 Real Madrid 3 - 1 Real Sociedad
20-12-15 Real Madrid 10 - 2 Rayo Vallecano

Head To Head:

19-08-15 Real Madrid 5 - 0 Real Betis
18-01-14 Real Betis 0 - 5 Real Madrid
18-03-13 Real Madrid 2 - 1 Real Betis
20-04-13 Real Madrid 3 - 1 Real Betis
24-11-12 Real Betis 1 - 0 Real Madrid

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Real Betis 0 - 4 Real Madrid (31 persen)
* Real Betis 4 - 0 Real Madrid (14 persen)
* Real Betis 1 - 4 Real Madrid (10 persen)

Prediksi jalannya laga:

* Betis punya gelandang cemerlang bernama Joaquín. Bersama dengan Ruben Costa, kedua pemain ini patut diwaspadai oleh barisan pertahanan Madrid. Merino dalam beberapa laga mengandalkan serangan dari sayap kanan.

* Alfred N’Diaye mencatatkan diri sebagai gelandang andalan Betis dengan menorehkan rata-rata 2,9 tekel per pertandingan dan 2,7 interseps per pertandingan. Mitranya Petros bakal menjadi mitra ideal.

* Lini pertahanan Betis dikenal rapuh. Dua bek tengah Heiko Westermann dan Bruno kerap terlambat mengantisipasi gerakan lawan. Di sini barisan depan Madrid perlu lebih fokus untuk menggempur dari sisi tengah pertahanan Betis.

* Hanya saja Los Blancos tidak menunjukkan performa tinggi di lini pertahanan, terlihat dalam dua laga terakhir sejak ditangani Zidane. Hanya saja, melawan Betis, Ronaldo dan kawan-kawan berpeluang mengukir clean sheet.

* Lini gelandang Madrid yang dihuni Isco/James, Modric, dan Kroos mampu tampil cukup disiplin. Mereka mampu menopang serangan dengan bergerak dari sayap kanan dan sayap kiri. Peran Ronaldo begitu sentral bagi Madrid untuk mencetak gol.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Real Batis: 0
* Real Madrid: 2