Jakarta (ANTARA News) - Sebelum kita membandingkan KTA dari bank plat merah, kita akan bahas dulu apa itu istilah plat merah alias bank pemerintah yang BUMN.

Nach, sekarang mari kita bandingkan KTA antara yang diberikan Bank Mandiri. Dalam artikel ini akan dibahas tentang perbandingan KTA dari bank plat merah Bank Mandiri.

Mandiri KTA adalah kredit perorangan tanpa agunan yang diterbitkan oleh Bank Mandiri yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Hanya calon debitur yang memenuhi syarat saja yang akan diberikan. Karena Bank Mandiri termasuk dalam bank kategori berplat merah, Mandiri KTA dianggap memiliki tingkat kredibilitas tinggi.

Sebagai bank dengan plat plat merah KTA yang ditawarkannya pun bermacam-macam, hal ini berdasarkan tempat perusahaan Anda bekerja dan ke mana gaji Anda disalurkan, di antaranya:

a. Mandiri KTA Reguler adalah program pemberian pinjaman kepada perorangan yang berstatus karyawan tapi pembayaran gajinya tidak di-transfer melalui Bank Mandiri oleh pihak perusahaan.

b. Mandiri KTA Payroll adalah program pemberian pinjaman kepada perorangan yang berstatus karyawan tapi pembayaran gajinya di-transfer melalui Bank Mandiri oleh pihak perusahaan.

c. Mandiri KTA Mitrakarya adalah program pemberian pinjaman kepada pengusaha yang penghasilannya di-transfer melalui Bank Mandiri dan termasuk kategori perusahaan mitrakarya.

d. Mandiri KTA Top Up adalah program pemberian pinjaman untuk menambahkan limit atau fasilitas mandiri KPR multiguna yang telah berjalan.

e. Mandiri KTA Take Over adalah program pemberian pinjaman untuk memindahkan fasilitas kredit sejenis dari bank lain ke Bank Mandiri dan anda juga bisa mendapat tambahan dana untuk berbagai kebutuhan konsumtif anda.

f. Mandiri KTA Cross Sell adalah fasilitas pinjaman tanpa angunan yang diberikan kepada nasabah perorangan yang merupakan nasabah Mandiri Tabungan Rencana atau Mandiri Deposito.

g. Mandiri KTA atas dasar kartu kredit adalah fasilitas pinjaman tanpa agunan yang diberikan kepada nasabah perorangan yang merupakan nasabah kartu kredit dengan kriteria tertentu.

h. Mandiri KTA Selected Company adalah program pemberian pinjaman kepada karyawan dari perusahaan terpilih meskipun pembayaran gaji karyawannya belum ditransfer melalui Bank Mandiri oleh pihak perusahaan.

Adapun keuntungan yang akan dimiliki oleh para calon debitur adalah proses pengajuan mudah dan tanpa agunan, cicilan tetap, limit pinjaman kredit sampai dengan 200 juta rupiah, janka waktu kredit sampai dengan 60 bulan dan dilengkapi dengan perlindungan asuransi jiwa.

Dengan biaya 2–3,5 persen dari limit kredit tergantung pilihan KTAnya dan biayanya dipotong langsung dari limit kredit yang disetujui, dengan mendebet rekening Bank Mandiri Anda.

Dengan persyaratan umum pengajuan Mandiri KTA adalah: pemohon harus WNI dan berdomisili di Indonesia, pemohon minimal berumur 21 tahun dan maksimum 55 tahun saat kredit lunas, memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan minimal penghasilan per bulan Rp. 2.500.000 (untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung) dan Rp. 2.000.000 (di luar wilayah Jabodetabek dan Bandung).

Adapun kelengkapan dokumen yang harus disertakan saat anda mau mengajukan aplikasi pinjaman kredit antara lain formulir aplikasi asli diisi dengan lengkap dan benar, fotokopi KTP pemohon, fotokopi NPWP pribadi, dan slip gaji atau surat keterangan gaji (bagi karyawan).


Masih dilengkap fotokopi SIUP atau surat izin praktik (bagi profesional dan wiraswasta), fotokopi rekening Koran atau rekening koran tiga bulan terakhir dan terakhir fotokopi kartu kredit (bagian depan dan belakang) dan lembaran asli tagihan 1 bulan terakhir (untuk pengajuan mandiri KTA atas dasar kartu kredit).

Itulah sarat yang diberikan oleh pihak Bank Mandiri kepada masyarakat yang berencana untuk mengajukan pinjaman kredit. Bila Anda lihat dari persyaratan yang diminta dapat disimpulkan kalau pihak Bank Mandiri cukup memudahkan anda dalam hal pengajuan pinjaman.

Tapi yang perlu anda perhatikan meskipun syarat yang diminta cukup mudah dan anda pasti bisa untuk memenuhinya namun tidak semua pengajuan aplikasi akan disetujui.

Hal ini dikarenakan pihak perbankan akan melakukan lebih lanjut tentang sejarah kredit anda melalui BI checking. BI checking akan memberikan seluruh informasi transaksi kredit Anda yang pernah anda lakukan sebelumnya kepada Bank Mandiri.

Informasi tersebut meliputi kapan anda mengajukan kredit , dimana saja dan bagaimana transaksi kredit Anda berjalan apakah kredit anda masuk dalam kategori kredit termasuk ke dalam kredit lancar atau kredit macet.



Kredit lancar artinya Anda selaku debitur melakukan pembayaran kredit secara lancar tanpa menunggal. Sedangkan kredit macet artinya Anda sebagai debitur pernah menunggak.

Melalui BI checking selain bisa mengetahui kualitas kredit Anda pihak bank juga dapat memperhitungkan rasio kredit Anda nantinya, sehingga pihak Bank Mandiri dapat meminimalisir kredit macet nantinya.

Yang dimaksud rasio kredit adalah kemampuan Anda dalam melakukan pembayaran pihak bank akan menghitungnya dari 40 persen gaji atau rata-rata penghasilan Anda yang dikurangi beban kredit Anda yang lain, barulah sisanya itu yang digunakan sebagai dasar perhitungan kemampuan anda dalam melakukan pembayaran nantinya.

Itulah sebabnya meskipun Bank Mandiri telah memberikan syarat yang cukup mudah untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA), namun pengajuan Anda terus ditolak.

Sedikit tips, bila anda terus mengalami penolakan saat mengajukan kredit apa pun yang berkaitan dengan bank adalah: sebaiknya Anda perhatikan dengan saksama apakah Anda telah memenuhi semua dokumen persyaratan yang diminta.

Selain itu periksalah status BI checking Anda, caranya mudah Anda dapat melakukannya secara online dengan melakukan pengisian formulir lalu data Anda nanti akan dikirimkan via email.

Selanjutnya Anda juga harus melakukan perhitungan pendapatan Anda dengan beban hutang Anda. Jika Anda masih memiliki beban hutang lebih dari 40 persen pendapatan anda, maka kemungkinan besar kredit Anda tidak akan disetujui.

ADV