Jakarta (ANTARA News) - Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) Malang, Jawa Timur melakukan aksi simpatik. Aksi itu terkait dengan kabut asap yang melanda Provinsi Riau.




Aksi yang digelar di Kawasan Car Free Day Ijen pada Minggu (27/9) dilakukan pelajar Riau dengan membagi-bagikan masker kepada pejalan kaki disepanjang jalan tersebut.




“Kita sengaja menggelar aksi dengan membagi masker dan itu bentuk rasa empati kami sebagai pelajar asal Riau terhadap keadaan di Riau,” kata Ketua IKPMR, Raja Triona Afisma dalam siaran pers Jakarta, Senin.




Masker yang bertuliskan “SAVE RIAU, dibagi-bagi kepada pejalan kaki itu hampir mencapai 500 masker dan stiker 200




Aksi sosial yang digelar oleh IKPMR juga sebagai bentuk permintaan kepada pemerintah pusat agar memberikan perhatian kepada Riau dalam menyelesaikan masalah kabut asap.




“IKPMR meminta kepada pemerintah daerah dan pusat agar memberikan kepedulian serta bisa menyelesaikan kabut asap yang sudah memprihatinkan,” kata Triona.




Selain itu, pelajar asal Riau itu juga membuat video yang berdurasi 2 menit 41 detik. Video itu, kata Triona agar masyarakat Indonesia mengetahui, mengerti akan bencana tahunan yang sering terabaikan dan tak pernah terselesaikan dengan baik.




“Juga video ini bertujuan agar pihak-pihak terkait masalah asap tergerak hatinya dan segera memadamkan kebarakan hutan di Riau,” kata Triona.