Makassar (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa MPR terus mengembangkan metode sosialisasi Empat Pilar MPR, yang salah satunya dengan mengadakan pelatihan bagi kalangan perguruan tinggi.

"Pelatihan untuk pelatih merupakan salah satu dari banyak metode untuk melaksanakan tugas MPR untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI," katanya

Hal itu dikatakan Hidayat saat membuka acara "Pelatihan untuk Pelatih Sosialisasi Empat Pilar MPR" untuk anggota Kopertis Wilayah IX Sulawesi di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Dia mengatakan peran intelektual sangat penting dalam menyoalisasikan empat pilar tersebut, seperti halnya para pendiri bangsa yang seperti dialektika pada pendiri bangsa dalam sejarah hadirnya negara Indonesia.

"Kalau lihat tokoh kunci yang menghadirkan NKRI, mereka adalah orang yang luar biasa, berasal dari para intelektual," ujarnya.

Hidayat menekankan, kalangan intelektual merupakan tulang punggung terselamatkannya masa depan bangsa Indonesia.

Dia meyakini sosialisasi empat pilar dengan menggandeng para intelektual, akan efektif dalam menyebarkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat luas.

"Karena itu MPR mementingkan segmen masyarakat ini untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR RI," katanya.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Andi Niartiningsih dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada MPR atas kepercayaannya menjadikan Kopertis Wilayah IX Sulawesi sebagai sasaran Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Dia mengatakan ada 369 perguruan tinggi swasta dan 10 ribu lebih dosen di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi (enam provinsi di Pulau Sulawesi).

"Perlu saya sampaikan, animo dosen ikut acara ini sangat besar, banyak yang mau ikut, mereka sudah daftar tapi dibatasi hanya 100 peserta, akhirnya banyak yang pulang," ujar Andi.

Menurut dia, tanggung jawab untuk menyosialisasikan Empat Pilar MPR tidak hanya ada di pundak MPR dan lembaga negara, tetapi oleh semua lapisan masyarakat, termasuk perguruan tinggi.

Dia berharap sesudah acara Training of Trainers Sosialisasi Empat Pilar MPR ini selesai, para pesera bisa menjadi "terompet" dan jadi perpanjangan tangan MPR untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada mahasiswa-mahasiswa dan lingkungan mereka.

Hal itu menurut dia diperlukan agar kesatuan dan persatuan di tengah masyarakat semakin kuat.