Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjamin harga dan pasokan ayam dari peternak dapat segera normal dalam waktu paling lambat satu minggu, bahkan bisa lebih cepat.

Seusai mengikuti sebuah pertemuan di Jakarta, Selasa, Mentan menyatakan, Kementerian Pertanian bersama Kementerian Perdagangan telah mengecek ketersediaan ayam langsung ke kandang-kandang peternak.

"Kesimpulannya, harga dan pasokan ayam di peternak masih stabil. Janjinya (peternak) satu-dua hari ini, paling lambat satu minggu lah (harga stabil)," katanya.

Beberapa hari terakhir harga ayam sempat melonjak hingga Rp40.000/kg dari harga sekitar 30.000/kg, pasca Lebaran.

Menurut Amran, kenaikan harga terjadi sementara waktu karena kurangnya pasokan ayam bibit ke peternak pasca lebaran, sementara stok ayam peternak sudah habis untuk memenuhi kebutuhan saat masa lebaran.

Saat ini, tambahnya, pasokan ayam bibit (day old chicken/DOC) sudah normal dan banyak yang bisa dipotong pekan depan, dengan demikian pasokan akan segera normal.

"Ayam sudah kami cek, tim kami bersama Kemendag sudah turun langsung di kandang. Ternyata harga di kandang tetap stabil. Kenaikan harga karena waktu lebaran serapan (ayam) bibitnya berkurang, minggu depan normal," kata Amran.

Sementara itu terkait hasil pertemuan dengan GPMT, tanpa memberikan jawaban secara rinci Mentan menyatakan, antara pemerintah dengan asosiasi tersebut akan membentuk tim untuk menangani persoalan yang muncul di lapangan selama ini.

"Dengan adanya tim ini diharapkan terjadi sinergitas dan komunikasi semakin lancar," kata Mentan Amran Sulaiman.