Los Angeles (ANTARA News) - Pelatih Barcelona Luis Enrique lebih memilih timnya tidak perlu menjalani tur-tur jarak jauh sebelum musim reguler, namun ia memahami bahwa hal itu penting untuk strategi pemasaran klub.

Luis Enrique dan timnya, yang tidak diperkuat sejumlah pemain yang bermain di Piala Amerika seperti Lionel Messi dan Neymar, tiba di Los Angeles pada Minggu dan akan memainkan pertandingan pembukaan mereka di International Champions Cup melawan tim AS Los Angeles Galaxy di Pasadena pada Selasa.

"Sejujurnya, saya memilih untuk tidak bepergian dalam tur demi tur," kata Luis Enrique pada konferensi pers di hotel tim.

"Menyenangkan untuk bisa datang kemari, namun terdapat beberapa aspek yang tidak membuat nyaman, contohnya jet lag," tambah mantan gelandang Barca dan Spanyol itu.

"Tetapi klub memiliki komitmen-komitmen dan kompetisi ini menarik. Anda dapat melakukan hal yang sama di Eropa, namun kami harus menerimanya."

Setelah menghadapi LA Galaxy, juara Spanyol dan Eropa itu akan bertemu tim-tim Liga Utama Inggris yakni Manchester United di Santa Clara pada Sabtu, dan Chelsea di Landover pada 28 Juli.

Mereka akan kembali ke Eropa untuk bermain melawan klub Italia Fiorentina di Florence pada 2 Agustus.

Luis Enrique, yang membawa Barca menjuarai Liga Champions, Liga Spanyol, dan Piala Raja pada musim debutnya, membela keputusan Barca yang mengizinkan Messi dan Neymar absen pada tur, meski terdapat tekanan dari pihak sponsor.

"Para pemain memerlukan liburan dan kami tidak akan mengubah hal itu untuk komitmen-komitmen seperti tur," ucapnya.

"Semua orang ingin menyaksikan para pemain papan atas namun mereka perlu beristirahat, yang merupakan hal vital."

"Merupakan hal normal bahwa mereka ingin melihat lebih dekat Messi, (Javier) Mascherano, Neymar, (Dani) Alves, (Claudio) Bravo... namun istirahat memerlukan prioritas."

Pertandingan resmi pertama Barca di musim 2015/2016 adalah Piala Super Eropa melawan juara Liga Europa dan rivalnya di Liga Spanyol Sevilla pada 11 Agustus.

Mereka kemudian akan memainkan dua pertandingan melawan Athletic Bilbao untuk Piala Super Spanyol, sebelum mulai mencoba meraih gelar Liga Spanyol keenam dalam delapan tahun dengan melawan klub Basque itu pada akhir pekan 22/23 Agustus. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)