Jakarta (ANTARA News) - Satu hari menjelang (H-1) perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah di Stasiun Pasar Senen masih dipadati para pemudik ke berbagai tujuan di daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

"Dari dini hari tadi sampai siang hari ini sudah ada 13 kereta yang berangkat ke berbagai tujuan di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan total penumpang 13.637 penumpang," kata Kepala Hubungan Masyarakat Pusat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Agus Komarudin di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis.

Terhitung sejak pukul 00.30 hingga 14.00 WIB, di Stasiun Pasar Senen tercatat sudah ada sebanyak 13 keberangkatan kereta dengan total penumpang secara keseluruhan mencapai 13.637 penumpang.

Menurut dia, hingga keberangkatan pukul 14.00 WIB, kereta Tegal Ekspres jurusan Pasar Senen-Tegal mengangkut penumpang paling banyak, yakni 899 orang yang berangkat pada pukul 07.45 WIB.

Sementara itu, pada H-1 ini, hingga pukul 14.00 WIB, kereta yang paling banyak diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen, yaitu kereta dengan tujuan Pasar Senen-Kutoarjo sebanyak empat keberangkatan.

"Memang pada H-1 menjelang Lebaran ini masih banyak pemudik yang memadati Stasiun Pasar Senen. Tapi, sebagian besar sudah memegang tiket. Jadi, para penumpang itu memang datang lebih cepat dari waktu keberangkatan," ujar Agus.

Kendatipun begitu, dia memastikan sampai dengan hari ini seluruh perjalanan kereta berlangsung lancar, tidak ada perjalanan kereta yang tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan atau dibatalkan.

"Terhitung dari H-15 sampai dengan H-1 ini semua perjalanan kereta lancar, tidak ada yang terlambat, tidak ada yang dibatalkan. Para penumpang yang sudah memiliki tiket bisa berangkat sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan," demikian Agus.