Singapura (ANTARA News) - Harga minyak dunia naik di perdagangan Asia selama hari pertama Tahun Baru pada Jumat.

AFP Melaporkan, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, naik 56 sen menjadi 53,83 dolar AS dalam perdagangan sore.

Minyak mentah Brent, patokan London, untuk pengiriman Februari naik 12 sen menjadi 57,45 dolar AS.

Di wilayah Asia-Pasifik, pasar di Tiongkok, Jepang, Selandia Baru, Filipina, Taiwan dan Thailand ditutup pada Jumat untuk hari libur umum.

"Kami melihat volume tipis karena musim perayaan masih berlangsung," Daniel Ang, analis investasi pada Phillip Futures di Singapura, mengatakan kepada AFP.

"Keuntungan di perdagangan Asia kemungkinan karena data stok minyak mentah AS positif yang dirilis pada Rabu (31/12)," tambah Ang.

Cadangan minyak mentah AS turun 1,8 juta barel dalam pekan yang berakhir 26 Desember, Badan Informasi Energi AS mengatakan dalam laporan minyak terakhirnya untuk 2014 dirilis pada Rabu.

Angka tersebut membalikkan ekspektasi untuk peningkatan 900.000 barel yang diproyeksikan dalam survei Bloomberg.

Penurunan stok minyak mentah AS biasanya menunjukkan permintaan yang kuat di konsumen minyak utama dunia itu, sehingga mendorong harga dunia naik.

Produksi minyak mentah AS mencapai lebih dari sembilan juta barel per hari, tingkat tertinggi dalam lebih dari 30 tahun.

(Uu.SYS/B/A026/C/B008)