Oleh Laily Rahmawati

Bogor (ANTARA News) - Perayaan malam pergantian tahun baru di Kota Bogor, Jawa Barat, berlangsung kondusif, tidak ada kejadian mencolok yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Situasi dan kondisi di Kota Bogor pada malam pergantian tahun kondusif, semua berjalan lancar tanpa ada gangguan kamtibmas," kata Kasubag Humas Polres Bogor Kota, AKP Diana Sulistyowati, kepada Antara, Kamis.

AKP Diana mengatakan, pada malam pergantian tahun kejadian yang terjadi adalah kemacetan terutama di titik-titik kumpul warga yang merayakan tahun baru, seperti Tugu Kujang, Air Mancur, BNR, dan Lapangan Sempur.

Ia mengatakan, kemacetan terjadi sekitar setengah jam sebelum pergantian tahun berlangsung. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang berhenti di pinggir jalan untuk menyaksikan pesta kembang api.

"Kemacetanpun tidak terlalu parah, terjadi sesaat sebelum pergantian tahun dan sesudah pesta kembang api," katanya.

Menurutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan tahun baru di Kota Bogor tidak sepadat tahun sebelumnya di mana hampir semua ruas jalan mengalami kemacetan.

Tetapi, pada malam tahun baru ini, kemacetan hanya terjadi di titik-titik kumpul masyarakat. Seperti di Jalan Kaptem Muslihat, arus lalu lintas masih bisa dilalui sejam sebelum pergantian tahun.

"Di Kapten Muslihat biasa padat sekali, tetapi tahun ini arus lalu lintas masih mengalir, hanya pada saat pergantian tahun karena warga berhenti di jalan jadi terjadi penyumbatan," katanya.

Ia mengatakan, situasi kembali normal sekitar pukul 01.00 WIB. Untuk memastikan perayaan malam tahun baru berjalan lancar, jajaran Muspida Kota Bogor melakukan operasi gabungan.

"Operasi gabungan diikuti seluruh Muspida, Wali Kota, Wakil Wali Kota, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Pengadinal, dan Satpol PP semua turun patroli keliling kota," katanya.

Ia menambahkan, patroli yang dipimpin langsung wali kota berlangsung selama kurang lebih satu jam berkeliling wilayah Kota Bogor.

Perayaan malam tahun baru di Kota Bogor ditandai dengan pesta kembang api yang menyala-nyala dari seluruh penjuru kota. Kemeriahan terasaa saat warga menyaksikan pertunjukkan kembang api selama kurang lebih 30 menit lamanya.

Beberapa lokasi tempat kembang api menyala seperti di Tugu Kujang, Lapangan Sempur, Air Mancur, BNR, dan sejumlah hotel serta restoran yang menyalakannya.

(KR-LR)