Padang (ANTARA News) - Ribuan cerita rakyat di berbagai daerah belum teridentifikasi dan tercatat oleh pemerintah, kata Direktur Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Diah Harianti.

Menurut dia di Padang, Selasa, usaha untuk mencatat cerita rakyat itu sangat penting agar bisa terdokumentasi dengan baik.

"Jika tidak dicatat, ada kemungkinan cerita rakyat itu akan terlupakan dan hilang dari peradapan," katanya.

Diah mengatakan, saat ini pihaknya telah berhasil mencatat sekitar 4.000 cerita rakyat dari berbagai daerah.

Sebagian cerita itu adalah cerita yang telah cukup dikenal oleh masyarakat seperti cerita Malin Kundang dari Sumatera Barat.

Namun, sebagian cerita lagi ada yang mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia.

"Semua cerita rakyat yang telah tercatat itu kami masukkan ke dalam website Kemdikbud dan bisa diakses oleh semua masyarakat," katanya.

Ke depan, kata Diah, akan dicoba untuk membuka ruang bagi masyarakat untuk ikut mengirimkan naskah cerita rakyat di daerahnya untuk disimpan dan dipamerkan dalam website tersebut.

"Melestarikan cerita rakyat yang menyimpan nilai-nilai budaya ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab kita semua," katanya.

Salah satu usaha pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong masyarakat untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa adalah dengan menggelar pameran kekayaan budaya tersebut.

Tahun ini, Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kemdikbud, menurut Diah, telah melakukan tiga kali pameran, masing-masing di Jakarta, Makasar dan Padang.

"Di Padang kami gelar hampir satu minggu mulai 18-23 November di Museum Adityawarman, Padang," katanya.

Sementara itu, akademisi Unand yang juga mantan Wamendikbud Musliar Kasim mengatakan, Kemdikbud sejak awal telah berupaya untuk melakukan pelestarian kebudayaan dari seluruh daerah di Indonesia.

Bahkan, menurut dia, kurikulum 2013 sangat memberi ruang bagi kebudayaan daerah untuk masuk dalam kurikulum pembelajaran di sekolah.