Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Honda Motor (AHM) akan meresmikan pabrik keempat di Kawasan Industri Karawang pada Desember 2014 yang produksinya akan memenuhi pasar domestik dan ekspor.

"Pabrik ini berkapasitas 1,1 juta unit/tahun dengan nilai investasi Rp3,3 triliun," ujar Wakil Presiden Direktur AHM Johannes Loman usai menemui Menteri Perindusrian Saleh Husin di Jakarta, Selasa.

Johannes mengatakan, dengan adanya pabrik tersebut, total kapasitas produk AHM akan naik menjadi 5,3 juta dari 4,2 juta saat ini.

Johannes menegaskan bahwa pabrik tersebut dipersiapkan untuk ekspor, namun ia enggan menyebutkan negara mana saja yang akan menerima produk-produk AHM.

"Persentase pasar domestik dan ekspor, maupun negaranya akan kami sampaikan Desember nanti, karena memang ini baru tahap awal," ujar Johannes.

Johannes mengatakan kenaikan harga BBM akan menurunkan daya beli masyarakat satu persen hingga lima persen selama lima bulan menyusul kenaikan harga BBM.

"Masyarakat akan mulai hitung-hitungan , maka mereka akan menunda untuk membeli motor sesaat, setelah itu ya kembali normal. Kondisi ini. akan mempengaruhi penjualan, tapi saya kira tidak terlalu banyak," kata Johannes.

Tiga pabrik AHM yang sudah beroperasi berada di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang