Manchester (ANTARA News) - Manajer Manchester United Louis van Gaal menyatakan tindakan bodoh Chris Smalling yang dikeluarkan dari lapangan telah secara fatal membuang peluang MU sehingga kalah 0-1 dari Manchester City dalam laga derbi malam ini.

Smalling dikeluarkan dari lapangan pada menit 38 di Etihad Stadium setelah menerima kartu kuning kedua, pertama diberikan karena memblok sapuan kiper City Joe Hart dan kemudian yang kedua karena menjatuhkan James Milner.

City akhirnya unggul pada menit 63 berkat gol Sergio Aguero, yang membuat juara bertahan liga ini terpaut enam poin dari pemuncak klasemen Chelsea dan tujuh poin di atas United. Van Gaal menyebut kartu merah Smalling sebagai titik balik.

"Pada derbi Anda mesti berhati-hati. Kartu kuning kedua itu bodoh," kata dia kepada BBC Sport.

"Sebagai pemain Anda harus mengendalikan agresi Anda. Saya tak melihat kartu kuning yang pertama, tapi yang kedua Anda tahu karena pemain Anda punya satu kartu kuning, sehingga Anda harus menanganinya secara berbeda. Saya sudah bilang itu kepada para pemain."

Van Gaal mengungkapkan bahwa bek timnas Inggris itu telah meminta maaf atas dikeluarkannya dia.

Van Gaal juga harus kehilangan mitra Smalling di bek tengah, Marcos Rojo, yang cedera pada awal babak kedua, demikian AFP.