Karawang (ANTARA News) - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengoptimalkan pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui fasilitas terbaru mereka, Toyota Learning Center (TLC).

"Bagi kami pengembangan SDM merupakan faktor penting industri otomotif, sebab keterlibatan penggunaan teknologi tinggi yang melalui proses mata rantai panjang," kata Direktur Korporat dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, I Made Dana Tangkas, dalam kata sambutannya saat kunjungan media ke TLC di Karawang, Jawa Barat, Rabu.

TLC merupakan fasilitas terbaru yang dibangun di lahan seluas 3.700 m2 di area Pabrik 1 Karawang TMMIN di Kawasan Industri Kota Industri Internasional Karawang (KIIC), Jawa Barat.

Fasilitas tersebut dibangun dengan investasi Rp23 miliar dan ditujukan sebagai salah satu langkah mengantisipasi kebutuhan peningkatan kualitas SDM yang semakin tinggi seiring dengan tuntutan TMMIN sebagai salah satu basis global Toyota.

"Kami Toyota Indonesia telah lebih dari 40 tahun menjadi bagian dari Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan cukup signifikan.

"Pada 2-3 tahun terakhir Toyota Indonesia bahkan dipercaya Toyota Motor Company (TMC) sebagai basis produksi di kawasan Asia Pasifik," katanya.

Kehadiran TLC, lanjut Made, menjadi sebuah fasilitas yang terintegrasi dan bahkan sebagai destinasi sejumlah studi banding yang dilakukan oleh institusi pemerintah, termasuk pihak swasta dan SMK di Karawang.

"Pelaku industri seperti pemasok dan komunitas lainnya juga bisa memanfaatkan fasilitas ini," katanya.

TLC dilengkapi dengan 13 fasilitas balai praktik atau disebut dojo dan empat ruang kelas.

Saat ini TLC memiliki 266 tenaga pengajar yang telah memegang sertifikasi Toyota Global dan Regional.

Diharapkan melalui keberadaan TLC, proses transfer teknologi dan keahlian di lingkungan Toyota akan semakin meningkat.