Jakarta (ANTARA News) - Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerima 1.000 buah bantuan masker dari pihak perusahaan swasta.

"Jadi PT Maskrindo memberi 1.000 masker untuk Polda Metro Jaya, dengan harapan bisa ikut menjaga kesehatan personil," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Rikwanto di Jakarta, Kamis.

Rikwanto menuturkan pemberian masker ini adalah wujud kepedulian masyarakat akan tugas-tugas polisi, khususnya yang berhadapan dengan udara yang kotor di lapangan.

"Bisa jadi kalau tidak bagus program kesehatannya, bisa cepat sakit polisi-polisinya," tegas Rikwanto.

Direktur PT Maskrindo Komitmen Sentosa Rudy Suryana Sentosa menyatakan bahwa masker sangat diperlukan oleh polisi lalu lintas yang menhabiskan sebagian besar waktunya di jalan raya.

"Tingkat polusi di Indonesia menempati posisi ketiga setelah Mexico dan Bangkok," ujarnya.

Tingginya polusi di Indonesia, terutama di Jakarta ini dapat mengakibatkan polisi lalu lintas rentan terhadap berbagai penyakit seperti penyakit paru-paru, emfisema, dan bronkitis.

Masker buatan PT Maskrindo ini diklaim memiliki beragam tingkat pori-pori sehingga dapat menjadi filter yang baik bagi udara yang mengandung polusi.

Pihak Dirlantas Polda Metro Jaya yang diwakili oleh Kompol Ayu menyambut baik bantuan masker ini dan berharap masker yang sudah diterima dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

***1***

(T.SDP-93/B/Z003/Z003) 18-09-2014 18:06:13