Banjarmasin (ANTARA) - Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan membuka penyelenggaraan International Business Administration Competition (IBAC) ke-10 tahun 2024 yang diikuti ratusan peserta dari politeknik di Indonesia.

Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi saat opening ceremony IBAC atau kompetisi administrasi bisnis internasional 2024 di Balaikota Banjarmasin, Senin, mengapresiasi kehadiran puluhan perguruan tinggi atau politeknik di Indonesia untuk menghadiri IBAC 2024 yang berlangsung mulai 28-31 Oktober 2024 di Kota Banjarmasin.

Joni Riadi menyampaikan, penyelenggaraan kompetisi IBAC 2024 telah mencerminkan kemajuan pendidikan vokasi pada jurusan administrasi bisnis untuk mencetak sumberdaya kompeten dan siap menghadapi tantangan global.

"Kompetisi ini juga menunjukkan kemajuan teknologi dalam ilmu administrasi bisnis," katanya.

Ia mengungkapkan pada kompetisi ini dipertandingkan sebanyak sembilan cabang lomba, yakni enam cabang lomba berskala nasional, yaitu secretarial competition, filing competition, meeting plan competition, typing speed competition, master of ceremony competition dan business data processing competition.

Kemudian tiga cabang lomba lainnya, ungkap dia, berskala internasional, yaitu business plan competition, web design competition dan business presentation competition.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang diwakili Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan rasa syukur Kota Banjarmasin dipilih sebagai tempat penyelenggaraan IBAC 2024.

Dia memastikan Pemkot Banjarmasin ikut mendukung agar penyelenggaraan IBAC 2024 berjalan lancar dan sukses.

Sebagai kota berjuluk kota seribu sungai dengan ikon pariwisata adalah Sungai Martapura, dia menyampaikan seluruh peserta dapat menikmati keindahan Kota Banjarmasin yang kini berusia 498 tahun.

Menurut dia, Pemkot Banjarmasin berharap dari kota ini, tercipta teori-teori ilmu pengetahuan khususnya di bidang administrasi bisnis untuk membangun negeri.

"Pemkot berterima kepada seluruh peserta yang hadir, selamat menikmati Kota Banjarmasin," ujarnya.

Baca juga: Tim mahasiswa UI juara 1 lomba video ilmu kebumian internasional
Baca juga: Lomba penelitian dan inovasi diharapkan dorong kemajuan Yogyakarta
Baca juga: Turnamen Sains Data Nasional digelar peringati Hari Sumpah Pemuda