Banda Aceh (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Prof Mujiburrahman mengajak masyarakat Aceh, terutama pemilih pemula, untuk memilih pemimpin yang berintegritas, memiliki kapasitas keagamaan dan menepati janji.

"Menepati janji bukan hanya retorika yang selesai setelah masa kampanye, tetapi merupakan prinsip mendasar yang seharusnya menjadi pegangan setiap pemimpin," kata Rektor UIN Ar Raniry di Darussalam, Banda Aceh, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya dalam acara "KIP Goes to Campus, School, dan Pesantren" bertema Nonton Bareng (Nobar) Film Tepatilah Janji, yang digelar Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ia menjelaskan komitmen untuk menepati janji mencerminkan integritas seorang pemimpin, baik dalam perspektif agama maupun kebangsaan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga menyatakan UIN Ar-Raniry siap untuk bersinergi dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh guna menyukseskan pilkada serentak.

"Kampus ini berkomitmen mendukung pemilihan yang damai dan jujur. Sinergisitas antara perguruan tinggi, pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat penting agar kita dapat berkontribusi bagi Aceh yang lebih baik," katanya.

Ia menambahkan nilai kejujuran dan integritas dalam politik tidak hanya sekadar janji kosong, melainkan amanah yang harus dipegang teguh oleh setiap pemimpin terpilih.

"Pemimpin yang memiliki integritas, berpegang teguh pada nilai-nilai agama, dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat adalah sosok yang layak kita pilih," katanya.

Mujiburrahman berharap agar pemilih pemula bisa memilih pemimpin yang memiliki komitmen tinggi dalam menepati janji.

"Ini adalah momen penting untuk mendukung pemimpin yang berintegritas, berjiwa religius, dan peduli pada pendidikan serta kesejahteraan masyarakat Aceh ke depan," katanya.

Plh Ketua KIP Aceh, Ahmad Mirza Safwandi kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya generasi muda.