Jakarta (ANTARA) - KAI Commuter meriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 dengan upacara khusus di Area Parkir Timur Stasiun BNI City, Jakarta pada hari ini (28/10) sekaligus membagikan hadiah berupa merchandise bagi pengguna KRL (Kereta Rel Listrik).
Dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin, VP Corporate Secretary KAI Commuter Joni Martinus mengatakan upacara dan berbagi hadiah tersebut digelar untuk menghargai jasa pahlawan penggagas Sumpah Pemuda. Khususnya Sumpah Pemuda sebagai tonggak bersejarah dalam perjalanan menuju Kemerdekaan Indonesia.

“KAI Commuter mengadakan upacara Sumpah Pemuda untuk menghargai para pejuang, juga sebagai refleksi atas ide visioner pemuda tempo dulu yang menginspirasi kami agar terus dapat memberikan pelayanan terbaik untuk bangsa dan negara lewat ranah transportasi publik," kata Joni.

Baca juga: KAI: Pengguna commuter line bisa naik-turun di Stasiun Pondok Rajeg
Ia menambahkan, "Suvenir yang dibagikan ini berupa tumbler, goodie bag, dan cokelat kepada pengguna yang bisa mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda secara benar, serta bagi yang bisa menjawab hal-hal lain berkaitan dengan Sumpah Pemuda, seperti tokoh-tokoh terlibat dan sejarahnya".

Kegiatan tersebut digelar untuk membangun keakraban antara operator Commuter Line dengan pelanggan, sekaligus pengingat andil pahlawan dari kalangan anak muda di masa lalu. Kegiatan itu juga sebagai bentuk sosialisasi kepada generasi muda tentang nilai-nilai sejarah dan perjuangan para pahlawan.

Para pengguna di stasiun dan di dalam kereta Commuter Line yang tertarik untuk mengikuti tantangan pengetahuan Sumpah Pemuda hanya perlu menyatakan kesediaannya dan menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh C-Millennials. Setiap pelanggan yang dapat menjawab dengan tepat berhak mendapat hadiah menarik.

Baca juga: Pelantikan presiden, KAI Commuter buat jalur khusus difabel di stasiun
Selain di Stasiun Bogor, peringatan Sumpah Pemuda ini juga dilakukan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, dan Stasiun Manggarai, serta di dalam perjalanan Commuter Line. Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme, khususnya kepada anak-anak dan generasi muda saat ini.

“Dengan kegiatan yang mengangkat semangat Hari Sumpah Pemuda di Commuter Line ini, semoga rasa patriotisme dan cinta tanah air semakin meningkat," kata Joni.

"Selain juga meyakinkan bahwa kalangan muda mampu memberikan kontribusi penting dari tempo dulu, menggagas berdirinya Indonesia hingga membangun dan merawatnya,” katanya mengakhiri pernyataan.