Jakarta (ANTARA) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menilai peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 bisa dipakai sebagai pendidikan karakter sejak dini.
"Dalam dunia pendidikan, Sumpah Pemuda menjadi bagian integral untuk membentuk karakter bagi generasi penerus," kata Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P4) Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Mohamad Roji saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dinas Pendidikan DKI Jakarta masih kaji sekolah swasta gratis
Dalam dunia pendidikan, kata Roji, guru dan siswa harus memperkuat implementasi pendidikan karakter seperti menanamkan semangat persatuan, kebersamaan dalam keberagaman, saling menghormati dan menghargai, menanamkan rasa bangga terhadap tanah air, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Nilai-nilai persatuan, toleransi, dan cinta tanah air yang terkandung dalam Sumpah Pemuda menjadi materi penting dalam pendidikan karakter," ujar Roji.

Baca juga: Tabungan masih relevan di tengah kebijakan pendidikan gratis di DKI
Sikap yang harus terus ditanamkan kepada siswa di sekolah dalam memaknai Sumpah Pemuda antara lain saling menolong, kerja sama, gotong royong, dan sikap kebersamaan lainnya.

Roji berpesan bagi para pendidik untuk bisa saling bahu membahu dan tidak menyerah dengan keadaan, dan harus tetap semangat menanamkan nilai-nilai Pancasila untuk menciptakan pendidikan karakter kepada anak didik.

"Pesan untuk pelajar yang akan menjadi generasi penerus bangsa, ayo siapkan dirimu, dalam menghadapi tantangan global, dan harus tetap bangga menjadi Bangsa Indonesia," pesan Roji.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD DKI dorong Pemprov deteksi anak yang putus sekolah
Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2024, tiga pilar Jakarta Pusat menggelar upacara Peringatan ke-96 Hari Sumpah Pemuda (HSP) Tahun 2024 di halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir yang dipimpin langsung Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Dalam upacara Hari Sumpah Pemuda yang mengangkat tema "Maju Bersama Indonesia Raya" ini Dhany menekankan peran penting pemerintah daerah untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan dengan diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik serta berkesinambungan.

Dhany juga mengajak semua pihak bersama-sama melakukan berbagai langkah untuk mengembangkan potensi pemuda melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi pemuda Indonesia.