Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta Luqman Hakim Arifin turut hadir dalam debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 dengan tema “Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial” di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara, pada Minggu malam (27/10).

“Kami hadir untuk memastikan agar akses informasi publik dalam proses ini berjalan dengan baik,” ujar Luqman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Cawagub Jakarta pertahankan zonasi dan perbaiki kesejahteraan pendidik

Menurut Luqman, debat ini menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk menilai visi, misi, serta program kerja yang ditawarkan para kandidat, terutama mengenai isu-isu strategis terkait ekonomi dan kesejahteraan sosial.

“Paparan dan komitmen keterbukaan informasi publik seperti ini sangatlah penting, guna memastikan publik mendapatkan akses informasi yang akurat, transparan, dan adil,” kata Luqman.

Lebih lanjut, Luqman berharap melalui debat ini, masyarakat Jakarta dapat lebih memahami program-program yang akan dijalankan para calon dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan tata kelola kota Jakarta.

Baca juga: Begini strategi tiga cagub Jakarta ramaikan kembali Pasar Tanah Abang

Sebelumnya, ketiga pasangan cagub-cawagub Jakarta itu juga telah diundang dalam siniar (podcast) di Komisi Informasi terkait komitmen keterbukaan informasi publik jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta tahun 2025-2030.

Podcast tersebut mengusung tema “Bongkar Visi-Misi Keterbukaan Informasi Publik Cagub Cawagub DKI Jakarta”. Pada episode pertama, pasangan calon nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono, hadir pada Rabu (16/10). Sementara itu, episode kedua akan menampilkan pasangan calon nomor urut 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), serta pasangan calon nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, yang akan hadir pada Kamis (17/10).

Baca juga: KPU DKI Jakarta: Tugas, fungsi, hingga keanggotaan