Natuna (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau mengajak pemuda di daerah itu menyukseskan pilkada dengan menggunakan hak pilih pada Pilkada Kabupaten Natuna 2024.

Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi di Natuna, Senin, menilai peran pemuda diperlukan dalam menyukseskan pilkada dengan ikut mengawasi pilkada serta mengedukasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

Menurut Daftar Pemilih Tetap (DPT) Natuna yang dikeluarkan oleh KPU, pemilih yang termasuk dalam usia pemuda yakni 17-30 tahun diperkirakan lebih 27 persen dari total 57.632 pemilih, sebab usai pemuda masuk dalam kategori pemilih generasi Z atau pemilih dengan usia 17-27 tahun dan Y atau pemilih berusia 28-43 tahun.

"Kita harap para pemuda memanfaatkan momen sumpah pemuda ini sebagai pembakar semangat dalam membantu menyukseskan Pilkada 2024," ucap dia.

Ajakan serupa juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Natuna Hikmatul Arif.

Ia menerangkan pemuda merupakan salah satu komponen masyarakat yang memiliki peran strategis, mulai sebagai pencegah terjadi pelanggaran pilkada hingga penggerak dalam mewujudkan pilkada jujur, dan adil.

"Kita harap pemuda mengajak dan menggunakan hak pilih pada pemungutan suara di bulan November 2024 nanti," ucap dia.

Ia menilai, menggunakan hak pilih merupakan cerminan dari rakyat yang patuh dan peduli masa depan negara. Pasalnya, hak pilih yang digunakan akan menentukan pembangunan di setiap daerah.

"Kita harus tetap semangat dan memiliki mimpi yang besar serta bersatu dalam membangun daerah, hal ini sesuai dengan tema kita yakni maju bersama Indonesia raya," ujar dia.