Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Cucun Ahmad Syamsurijal mengajak seluruh kaum muda Indonesia untuk mengikrarkan sepenuh hati Sumpah Pemuda, seperti dengan meneguhkan tekad bersatu.

"Sumpah Pemuda saya kira bukan hanya sebatas deretan kata-kata, melainkan harus diikrarkan dengan sepenuh hati oleh segenap kaum muda Indonesia. Tekad kita untuk bersatu, apa pun sukunya, apa pun agamanya, harus tertanam kuat atas nama Indonesia," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Hal tersebut dia sampaikan untuk menanggapi peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober.

Ia lalu mengingat masyarakat Indonesia bahwa Sumpah Pemuda bukan sekadar teks sejarah, melainkan hal yang harus diperjuangkan dengan segenap jiwa.

"Meski tangan kita merasa sakit, tetapi hati kita harus tetap bangga mengatakan 'saya Indonesia'. Esensi Sumpah Pemuda ini yang tidak boleh luntur karena bagaimana pun masa depan Indonesia ini ada di pundak generasi muda bangsa," ujar Cucun.

Ia pun mengucapkan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda. Ia mengajak segenap rakyat Indonesia untuk terus memupuk semangat juang yang digelorakan oleh para pemuda pada 28 Oktober 1928 lalu.

"Terakhir, saya ucapkan selamat hari Sumpah Pemuda. Mari kita pupuk terus semangat juang yang digelorakan para pemuda 96 tahun lalu," ucapnya.

Hari Sumpah Pemuda 2024 kali ini mengangkat tema utama "Maju Bersama Indonesia Raya". Tema tersebut diketahui mengandung pesan yang kuat tentang sinergi dan kolaborasi. Terdapat beberapa subtema yang juga dirilis untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024, yaitu pemuda peduli gizi anak Indonesia untuk generasi sehat dan produktif, pemuda Indonesia bersatu dalam kebinekaan berjuang dalam keindonesiaan.

Selain itu, ada pula subtema mengenai pemuda Indonesia sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan berkarakter, transformasi pemuda pada pendidikan, kesehatan, kepemimpinan, sosial budaya, teknologi, dan ekonomi sebagai energi pemuda majukan Indonesia, serta wujudkan pemuda yang maju, mandiri, dan profesional.

Baca juga: Keraton Surakarta bentangkan bendera 1.000 m di Hari Sumpah Pemuda
Baca juga: Menpora: perkuat kolaborasi tingkatkan prestasi
Baca juga: DPR Rl: Penting wujudkan nasionalisme di era digital