Jakarta (ANTARA) - Bicara soal destinasi wisata di Indonesia, memang enggak ada habisnya, karena selalu ada tempat-tempat baru di berbagai daerah yang menarik untuk dieksplorasi.

Di tahun 2024, dunia pariwisata semakin berkembang dengan berbagai destinasi baru dan yang telah diperbarui untuk menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para pelancong.

Dari pantai hingga pegunungan yang memukau, destinasi-destinasi ini dirancang untuk memanjakan wisatawan dengan keindahan alam setempat. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan beragam destinasi yang bisa dipilih untuk berlibur tanpa perlu pergi ke luar negeri.

Berikut ini daftar destinasi wisata Indonesia terbaru dan diperbarui pada tahun 2024 yang menjadi perhatian masyarakat, khususnya Indonesia.

Destinasi wisata di Indonesia

1. Pantai Tanah Barak, Bali

Pantai ini termasuk baru diketahui pada tahun 2024 di kawasan Bali Selatan. Pantai Tanah Barak menjadi viral karena jalur menuju pantainya yang unik, melewati bukit yang dibelah dan terlihat estetik. Pantai ini telah menjadi salah satu destinasi wisata populer dan banyak diminati saat mengunjungi Pulau Bali.

• Alamat : Jalan Tanah Barak, Near, Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali

2. Stone Garden Citatah, Bandung

Stone Garden Citatah adalah destinasi wisata baru di Bandung. Stone Garden menampilkan formasi batuan alami yang unik, menarik, dan sangat instagramable. Terbentuk melalui proses geologi selama jutaan tahun, tempat wisata ini menyajikan pemandangan yang berbeda dari destinasi lainnya di Bandung.

• Alamat : Gunung Masigit, Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

3. Sungai Cikahuripan, Bandung

Sungai ini merupakan salah satu destinasi wisata baru di Bandung yang terletak di Bandung Barat, menawarkan panorama alam yang mempesona. Pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas, seperti arung jeram, body rafting, atau hanya bermain air di sungai Cikahuripan yang airnya jernih. Selain itu, pemandangan alam di sekitar destinasi yang dikenal sebagai “Green Canyon” Bandung Barat ini juga sangat indah dan menyegarkan mata.

• Alamat : Saguling, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Telaga Warna, Dieng

Telaga Warna Dieng adalah danau alami yang terletak di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Keunikan destinasi wisata terbaru 2024 ini terkenal dengan fenomena warna airnya yang bisa berubah-ubah.

Warna air di telaga ini bervariasi dari hijau, biru, hingga kuning, yang disebabkan oleh tingginya kandungan sulfur dan pantulan cahaya matahari.

Dikelilingi oleh perbukitan hijau dan suasana sejuk khas pegunungan, Telaga Warna menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan keunikan fenomena alam yang jarang ditemui di tempat lain.

• Alamat : Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

5. Nepal Van Java, Magelang

Di Napal Van Java, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan santai, berfoto di spot-spot menarik dengan deretan rumah warga berwarna-warni yang berjajar rapi dengan latar belakang Gunung Sumbing dan menikmati udara segar pegunungan.

• Alamat : Dusun, Butuh, Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah


Baca juga: Keraton Kasepuhan menghadirkan Museum "Cave AI" untuk wisata sejarah

Baca juga: Kebun Raya Gunung Tidar, salah satu objek wisata di Magelang

Baca juga: Potensi Desa Wisata Jagoi Babang berikan nilai tambah ekonomi