Komite Penyelenggara KTT tentang Aplikasi BDS


Zhuzhou, China (ANTARA/Xinhua-AsiaNet) - KTT Internasional ke-3 tentang Aplikasi BDS (BeiDou Navigation Satellite System) diselenggarakan di Zhuzhou pada 24-25 Oktober. Dengan tema "Berbagi Dunia, Berbagi BDS," KTT ini bertujuan untuk membangun platform bagi kepemimpinan industri dan pengumuman kebijakan, promosi internasional dan kerja sama, pertukaran teknologi mutakhir, serta integrasi industri dan demonstrasi pencapaian aplikasi.




Hunan, sebagai kekuatan utama dalam pengembangan Sistem Navigasi Satelit Beidou (BDS), telah berpartisipasi dalam pembangunan sistem Beidou-1, Beidou-2, dan Beidou-3 secara menyeluruh, memberikan kontribusi kebijaksanaan dan kemampuan Hunan terhadap jaringan global dan operasi stabil BDS. Dalam beberapa tahun terakhir, Hunan telah mendorong terobosan teknologi, transformasi pencapaian, kolaborasi proyek, aplikasi berskala besar, dan pengelompokan industri di bidang teknologi Beidou. Hunan bercita-cita menjadi pemimpin nasional dalam inovasi teknologi Beidou, kawasan percontohan aplikasi besar-besaran Beidou, dan klaster pengembangan berkualitas tinggi bagi industri Beidou.




KTT ini menarik 9 akademisi dari Akademi Ilmu Pengetahuan China dan Akademi Teknik China di bidang sistem satelit domestik, roket, kontrol operasional, dan aplikasi data, serta 85 delegasi asing dari Uni Afrika, Laos, Korea Selatan, Prancis, dan Pantai Gading. KTT ini juga mengundang beberapa perusahaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pencocokan industri, menghasilkan penandatanganan dan pengumuman 142 proyek dengan total investasi sebesar 58,2 miliar yuan.




Sebuah buku biru tentang perkembangan industri BeiDou juga dirilis pada upacara pembukaan. Buku ini menyatakan bahwa, "Layanan BDS dan produk terkait telah diekspor ke lebih dari 130 negara, memberikan pilihan yang lebih beragam bagi pengguna dan pengalaman aplikasi yang lebih baik serta mendorong pengembangan industri." China secara aktif berpartisipasi dalam perumusan standar internasional, dan sejumlah standar internasional terkait BDS telah diterbitkan. Standar ini telah memberikan fondasi yang kokoh bagi pengembangan industri dan aplikasi di berbagai bidang utama seperti penerbangan sipil, pencarian dan penyelamatan berbantu satelit, maritim, dan komunikasi seluler.




Sumber: Komite Penyelenggara KTT tentang Aplikasi BDS