Jakarta (ANTARA) - Pada Minggu (27/10), Presiden Prabowo Subianto telah membentuk 85 satuan layanan makan bergizi gratis yang sedang diuji coba di seluruh Indonesia hingga susu cair jadi alternatif atau pengganti susu kemasan dalam menu makan bergizi.

Ada pula berita perihal korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, akan menempati tempat relokasi di Desa Modisi serta Kowani harap pemerintahan baru berpihak pada perempuan.

Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.

Presiden Prabowo Subianto telah membentuk 85 kantor satuan layanan program Makan Gizi Gratis yang kini sedang diuji coba di seluruh provinsi di Indonesia.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi usai menghadiri Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu, menyebut satuan layanan itu disiapkan menjelang pelaksanaan program pada awal Januari 2025.
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi mengatakan rencana pemindahan kerja pegawai pemerintahan dari Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak perlu dilakukan berbondong-bondong.

"Nanti kita lihat lah. Begini, lebih baik kan fokus ya, jadi tidak perlu semuanya berbondong-bondong," katanya menjawab pertanyaan seputar keberlanjutan IKN, di Magelang, Jateng, Minggu.
3. 287 KK korban erupsi Gunung Ruang-Sulut akan tempati huntap di Modisi

Sebanyak 287 kepala keluarga korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, akan menempati tempat relokasi di Desa Modisi, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

"Mungkin data sebelumnya 301 kepala keluarga adalah data yang tercatat sebelum terjadinya bencana," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengembangan Kawasan Permukiman, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Utara, Billy Legi di Manado, Minggu.
4. Kowani harap pemerintahan baru beri perhatian lebih pada perempuan

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Dr Giwo Rubianto Wiyogo berharap agar pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memberi perhatian lebih pada persoalan perempuan dan anak.

“Masalah perempuan dan anak adalah isu yang sangat serius dan membutuhkan perhatian yang mendalam, mengabaikan isu ini dapat berdampak jangka panjang pada perkembangan masyarakat secara keseluruhan,” ujar Giwo dalam keterangannya di Jakarta, Ahad.
5. Prabowo pertimbangkan susu cair alternatif susu kemasan makan bergizi

Presiden RI Prabowo Subianto mempertimbangkan susu cair sebagai alternatif atau pengganti susu kemasan dalam menu makan bergizi, karena susu menjadi komponen yang paling mahal dalam program tersebut.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi usai menghadiri Retret Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang, Jawa Tengah, Minggu, mengatakan komponen susu menjadi salah satu evaluasi terkait program makan bergizi yang disoroti oleh Presiden Prabowo yang disampaikan dalam retreat kepada para menteri, wakil menteri dan kepala badan.