Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Minggu (27/10), mulai dari jajaran menteri Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta usai mengikuti retreat di Magelang, Jawa Tengah, hingga Surat Presiden penunjukan mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta usai ikut retreat di Akmil

Menteri Kabinet Merah Putih kembali ke Jakarta usai mengikuti retreat selama empat hari, 24-27 Oktober 2024, di Akademi Militer, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Rombongan menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus Kabinet Merah Putih menyusul Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang meninggalkan Akmil terlebih dahulu.

Selengkapnya baca di sini.

2. Kabinet Prabowo Subianto ingin kerja cepat usai retreat

Kabinet Merah Putih yang dipimpin Presiden Prabowo Subianto menginginkan bekerja dengan cepat, usai melakukan retreat di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, sejak Kamis (24/10).

"Insya-Allah kerja cepat," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti rangkaian retreat kabinet di Akademi Militer, Magelang, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

3. Ketua Komisi II DPR sebut Prabowo tunjuk Basuki jadi Kepala OIKN

Ketua Komisi II DPR RI Rifqinizami Karsayuda mengaku telah mendengar bahwa Presiden Prabowo Subianto sudah mengirim Surat Presiden kepada pimpinan DPR RI untuk menunjuk mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Menurut dia, hal tersebut merupakan kabar baik karena Basuki merupakan orang yang ahli dalam bidang infrastruktur di Indonesia. Dia pun berharap Basuki bisa mempercepat pembangunan IKN.

Selengkapnya baca di sini.

4. Komisi II: Target Prabowo Sidang Tahunan DPR di IKN wajib dilaksanakan

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Dede Yusuf menilai bahwa target atau harapan Presiden Prabowo Subianto agar Sidang Tahunan DPR/MPR pada tahun 2028 bisa digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada prinsipnya wajib dilaksanakan.

Dia mengatakan prinsip mengenai hal itu pun sebenarnya sudah termuat dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Nusantara. Menurut dia, target pada tahun 2028 tersebut memungkinkan untuk terlaksana.

Selengkapnya baca di sini.

5. Survei Indikator: 85 persen yakin Prabowo pimpin Indonesia lebih baik

Lembaga survei Indikator merilis temuan survei nasional terbaru yang mencatat bahwa 85,3 persen responden yakin bahwa Presiden Prabowo Subianto ke depannya bakal memimpin Indonesia menjadi lebih baik dari sekarang.

Peneliti Utama Indikator, Prof Burhanuddin Muhtadi mengatakan survei yang dilaksanakan pada 10-15 Oktober 2024 tersebut sebelum Prabowo dilantik tersebut, menunjukkan bahwa publik memiliki ekspektasi dan public confident yang tinggi kepada Presiden Ke-8 Republik Indonesia itu.

Selengkapnya baca di sini.