Jakarta (ANTARA) - Bali United merebut pucuk klasemen Liga 1 setelah menaklukkan tamunya Persis Solo dengan kemenangan meyakinkan 3-0, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu.

Serdadu Tridatu kini berada di puncak klasemen dengan koleksi 20 poin dari sembilan pertandingan, unggul dua poin atas para pesaing terdekat yakni Borneo FC dan Persebaya Surabaya. Sedangkan kekalahan keenam di musim ini membuat Persis tertahan di posisi ke-14 dengan tujuh poin.

Pertandingan baru berlangsung enam menit saat Bali membuka keunggulan. Diawali kesalahan Sutanto Tan, bola kemudian diteruskan Irfan Jaya kepada Mitsuru Maruoka yang tidak mengalami kendala untuk menaklukkan kiper Muhammad Riyandi.

Persis yang tertinggal satu gol berusaha secepatnya menyamakan kedudukan. Namun berbagai upaya serangan mereka masih gagal membuahkan gol yang dibutuhkan.

Baca juga: Tundukkan PSS Sleman 2-1, Persita curi tiga poin di Solo

Bali kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-26. Pergerakan cepat Privat Mbarga kemudian diteruskan dengan umpan tarik, yang dapat disambar Irfan Jaya untuk mengubah skor menjadi 2-0 bagi keunggulan tuan rumah yang bertahan sampai turun minum.

Tuan rumah kemudian mendapatkan gol ketiganya pada menit ke-59. Everton Nascimento yang merebut bola di lapangan tengah, menggiringnya masuk ke area pertahanan Persis, mengecoh dua pemain tim tamu, sebelum melepaskan sepakan kaki kiri menembus gawang Riyandi.

Sisa jalannya laga berlangsung cukup keras, Persis masih berusaha keras untuk mencetak minimal satu gol balasan. Namun asa tersebut gagal terwujud, dan Bali pun menyongsong pekan kesepuluh dengan posisi yang nyaman di pucuk klasemen.

Daftar susunan pemain:

Bali United: Adilson Maringa, Ricky Fajrin, Brandon Wilson, Kadel Arel, Kadek Andhika Wijaya, Made Tito Wiratama, Kadek Agung, Mitsuru Maruoka, Privat Mbefolo Mbarga, Irfan Jaya, Everton Nascimento Persis Solo: M Riyandi, Sutanto Tan, Eduardo Kunde, Althaf Indie, M Faqih Maulana, Sho Yamamoto, Ripal Wahyudi, Moussa Sidibe, Gonzalo Andrada, Ramadhan Sananta, Karim Rossi

Baca juga: Persija bungkam Arema 2-1