Jakarta (ANTARA) - Penampilan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dinilai prima dan memenangi debat kedua Pilkada Jakarta 2024 yang berlangsung di Beach City Internasional Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu malam (27/10).

"Menurut kami debat kedua ini pasangan Ridwan Kamil-Suswono tampil prima dengan data-data yang juga sangat bagus. Kalau data itu, kan berarti bukan subjektif, tetapi memang data milik lembaga negara," kata juru bicara pasangan RIDO Cheryl Tanzil dalam keterangannya di Jakarta, Senin dini hari.

Baca juga: Ridwan Kamil: Hunian vertikal nantinya bisa dimiliki dengan syarat
Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itupun menyampaikan, pasangan Ridwan Kamil-Suswono tidak hanya kaya data, tapi mereka juga kaya akan pengalaman selama menjadi pemimpin di posisi sebelumnya.

Ridwan Kamil saat menjadi wali kota Bandung dan gubernur Jabar, dan Suswono ketika masih bertugas sebagai menteri pertanian. Pengalaman itu diperkuat dengan penjaringan aspirasi yang optimal.

"Dan memang paslon RIDO betul-betul belanja masalah. Bisi dilihat 'link and match' visi-misi kami dengan penerimaan di masyarakat. Dan tadi bisa dilihat hasilnya sangat maksimal. Betul-betul paslon RIDO tahu apa permasalahan di masyarakat dan mampu memberikan solusi," tutur Cheryl

Tak hanya itu, pasangan RIDO punya rekam jejak yang baik sebagai pejabat publik. Program-program yang mereka siapkan sebagian sudah pernah dieksekusi dan terbukti berhasil.

Dia bahkan berani menyampaikan program Ridwan Kamil-Suswono benar-benar orisinil dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Jakarta.

Baca juga: Pramono fokuskan dana Rp300 miliar bagi UMKM yang diinisiasi perempuan
"Semua visi-misi kami sudah dihitung feasibility studies-nya, bagaimana bisa terealisasi dengan baik," kata dia.

Berdasar penampilan malam ini, Cheryl melihat bahwa Ridwan Kamil-Suswono bisa menunjukkan kekompakan dan soliditas di antara mereka.

"Pasangan RIDO saling melengkapi satu sama lain. Sehingga secara keseluruhan penampilan mereka dalam debat malam ini sangat apik," ucapnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024.

Baca juga: Suswono: Urban farming bisa tetap tumbuh di Jakarta meski berpolusi