Jakarta (ANTARA) -
Menanggapi Pramono Anung pada debat tahap dua Pilkada DKI Jakarta Ridwan Kamil (Kang Emil) menyebut seorang pimpinan harus berani dalam mengambil keputusan dan harus mempunyai daya imajinasi.

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil memberikan tanggapan dari pertanyaan cagub nomor urut 3, Pramono Anung soal pembangunan Disneyland di Cikarang atau di Kepulauan Seribu.

Baca juga: Banyak lahan terlantar, Jakarta berpotensi kembangkan pertanian kota
“Tugas pemimpin adalah berimajinasi. Seburuk-buruknya pemimpin adalah hanya mengerjakan apa yang ada tanpa imajinasi. Bung Karno melahirkan Indonesia memakai daya imajinasi," papar Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil di Jakarta, Minggu.

Dia pun menjelaskan terkait Disneyland yang pernah diwacanakan saat menjabat sebagai gubernur Jabar pada 2018 secara kemauan politik (political will) sudah ada, namun dari segi bisnis masih belum menemui kesepakatan.

"Urusan Disneyland itu kadang-kadang iya dalam political will-nya, tapi bisnis deal-nya tidak masuk," ujarnya.

Baca juga: Ini visi misi cagub-cawagub Jakarta di bidang ekonomi
Kendati demikian, kata dia, yang terpenting ada usaha untuk mewujudkannya. Bahkan, dia menilai seburuk-buruknya pemimpin adalah yang tidak mau berusaha setelah terpilih hanya duduk diam.

Terkait wacana pembangunan Disneyland di Kepulauan Seribu, kata Kang Emil, bisa dilakukan karena kunjungan wisata di Kepulauan Seribu masih sedikit.

"Kami mengusulkan ada kawasan zona ekonomi khusus (special economic zone). Terkait hal itu saya sudah bertemu dengan beberapa pihak yang menyatakan sangat visible," kata Kang Emil.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam.

Baca juga: Pramono akan atasi stunting lewat aksi seribu hari pertama kehidupan
Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024 mendatang.