Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Gubernur nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta 2024 Rano Karno
mengatakan bahwa pengadaan pangan murah ditambah memperpendek rantai pasok dapat menjadi strategi mengendalikan inflasi di Jakarta.

"Kita harus menciptakan pangan murah, harus memperpendek rantai pasok. Selama ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan itu, menciptakan pasar agar harga menjadi murah," kata Rano dalam debat kedua Pilkada DKI 2024 di Jakarta, Minggu malam.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata dia, harus berusaha menurunkan biaya hidup masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa penyediaan transportasi publik juga dapat menjadi strategi mengendalikan inflasi.

Tak hanya di Jakarta, kata dia, namun juga meliputi daerah lain seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi untuk menjangkau Jakarta melalui Transjabodetabek.

Baca juga: Rp300 miliar disiapkan Pramono untuk permodalan UMKM Jakarta

Karena itu, dia berencana menyediakan transportasi umum untuk jarak 500 meter dari rumah.

"Untuk jarak 500 meter rumah dijangkau transportasi publik, menambah rute dan jumlah bus, waktu tunggu tiga menit," katanya.

Selain itu transportasi publik gratis untuk 15 golongan. "Mudah-mudahan salah satu permasalahan tentang inflasi di Jakarta bisa tertanggulangi," ujar Rano.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengadakan debat kedua calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2024 di Beach City International Stadium (BCIS), Jakarta Utara, Minggu malam.

Baca juga: Pasar Tanah Abang perlu promosi yang lebih kuat

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM. Lalu pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan pada 17 November 2024.
Baca juga: Debat kedua Pilkada Jakarta diharapkan buka cakrawala visi-misi paslon