Jakarta (ANTARA) - Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun menjanjikan akan memberikan ruang yang luas kepada ibu pekerja yang sedang menyusui sehingga anak mendapatkan gizi yang cukup meski ibunya berkarir.

“Kami akan memberikan waktu yang luas kepada ibu untuk mengasuh anak mereka, ada tempat yang disiapkan di perusahaan atau pabrik untuk menyusui anak mereka,” kata calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 Komjen Pol (purn) Dharma Pongrekun saat debat di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Dharma siapkan solusi bagi lesunya ekonomi pedagang di Tanah Abang

Menurut dia perlu disiapkan agar seorang ibu memberikan air susu kepada anak mereka. Para ibu dianjurkan mengonsumsi daun katuk yang dipercaya akan memperbanyak produksi air susu ibu.

“Tidak perlu lagi memaksakan air susu dipompa tapi diberikan secara langsung kepada anak,” kata dia.

Selain itu para ibu yang bekerja dapat diberikan kemudahan dengan bekerja dari rumah karena bisa tetap mengasuh anak mereka dan juga bekerja sesuai beban kerja mereka.

“Ini semua akan diatur dalam program Getuk Tular Adab,” kata dia.

Baca juga: RIDO akan gelar festival untuk mempromosikan Pasar Tanah Abang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam.

Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun), dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Baca juga: Rp300 miliar disiapkan Pramono untuk permodalan UMKM Jakarta

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024 mendatang.