Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) akan menggelar festival untuk mempromosikan Pasar Tanah Abang di dunia internasional.

"Salah satu visi pasangan RIDO membuat kota Jakarta sebagai kota festival, sehingga untuk mempromosikan Pasar Tanah Abang kita bisa membuat festival Tanah Abang secara internasional, meramaikan secara mingguan, bulanan dan tahunan, sehingga aktivitas fisik manusia bisa datang lagi ke sana," kata Ridwan Kamil saat menanggapi pernyataan calon nomor urut tiga, Pramono Anung saat debat kedua Pilkada Jakarta di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu malam.

Baca juga: Dharma siap lindungi UMKM lokal dari gempuran produk asing
Tak hanya itu, dia akan meminta Bank DKI untuk memberikan permodalan seluas-luasnya kepada pedagang Tanah Abang.

"Saya menemukan data waktu saya blusukan ke Tanah Abang bahwa masih ada tanah Pasar Jaya yang satu lantai nanti kita konsepkan ada pasar berbentuk baru, temanya ternak. Tetapi, di atasnya ada hunian sehingga generasi Z dan anak Tanah Abang bisa tetap tinggal di pusat kota dan meramaikan Pasar Tanah Abang," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Beach City Internasional Stadium (BCIS) Kota Administrasi Jakarta Utara, Minggu (27/10) malam.

Baca juga: Pasangan RIDO akan berikan pelatihan digital bagi pedagang
Tema yang diangkat dalam debat kedua yakni "Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial". Tema ini terbagi atas enam subtema, yakni infrastruktur terintegrasi dan pelayanan dasar prima, pendidikan dan kesehatan.

Kemudian penanganan ketimpangan sosial, pembangunan ekonomi digital dan UMKM, lalu, pariwisata dan ekonomi kreatif serta inflasi bahan pokok.

Peserta debat tersebut adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

Sebelumnya, debat pertama digelar di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10) malam dengan tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global". Adapun debat tahap ketiga Pilkada Jakarta dijadwalkan kembali pada 17 November 2024 mendatang.

Baca juga: Pramono janji bangun RS di Cakung hingga buka 500.000 lapangan kerja