Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Arab Saudi resmi menunjuk kembali Herve Renard sebagai pelatih kepala menggantikan Roberto Mancini yang dipecat pada Jumat (25/10). Herve mengumumkan penunjukan ini melalui video yang diunggah di akun X timnas Arab Saudi.

“Saya kembali,” kata Renard, sambil mengenakan pakaian tradisional Arab Saudi.

Timnas Arab Saudi mengontrak Renard sampai akhir 2025 dengan opsi perpanjangan hingga kompetisi Piala Asia 2027 berakhir.

Dalam pernyataan tersebut, Renard memutuskan untuk meninggalkan timnas Arab Saudi karena ditunjuk melatih timnas Prancis wanita untuk Piala Dunia dan Olimpiade Paris 2024.

“Saya memang tidak berniat pergi. Namun, saat negara membutuhkanmu, Anda harus merespons," katanya dalam video tersebut.

“Perjalanan saya dengan Arab Saudi belum berakhir. Puji Tuhan, saya kembali," ujar pelatih asal Prancis tersebut.


Baca juga: Roberto Mancini tinggalkan posisi pelatih Arab Saudi
Herve adalah pelatih yang memimpin timnas Arab Saudi lolos Piala Dunia 2022 di Qatar. Arab Saudi di kompetisi itu secara mengejutkan mengalahkan Argentina di laga pembukaan dengan skor 2-1.

Dia akan mulai melatih tim berjuluk Elang Hijau pada 27 Oktober dengan laga selanjutnya adalah melawan Australia dan timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Arab Saudi saat ini berada di peringkat tiga Grup C dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Mereka tertinggal lima poin dari pemuncak grup, Jepang.

Baca juga: PSSI minta suporter tetap dukung penuh Shin Tae-yong di timnas
Baca juga: Erick Thohir minta Shin Tae-yong matangkan tim dan taktik