Madiun (ANTARA) - Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kampus Kota Madiun menggandeng Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur (BBJT), untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dengan melakukan penandatanganan kerja sama di UKWMS Kampus Madiun.

Penyerahaan berkas kesepakatan kerja sama dihadiri oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Indonesia UKWMS Kampus Madiun Wenny Wijayanti, dan perwakilan Bidang Kerja Sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Tri Winarsih bersama jajaran dan mahasiswa di Madiun, Sabtu.

"Kerja sama ini merupakan hal positif bagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UKWMS, sekaligus rangkaian kegiatan dalam rangka Bulan Bahasa 2024," ujar Wenny Wijayanti.

Menurut dia, terdapat empat poin penting dalam kerja sama yang dijalin antara kedua belah pihak tersebut. Yaitu, pertama tentang pengembangan keterampilan profesional bidang kebahasaan dan kesastraan, kedua terkait Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), ketiga tentang Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), dan keempat tentang pelatihan dan pertemuan ilmiah.

Adapun kerja sama dilakukan dalam waktu dua tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan pembaruan kesepakatan dua belah pihak.

"Semoga langkah awal ini menjadi langkah yang baik, khususnya dalam pengembangan UKBI dan BIPA di UKWMS Kampus Madiun," katanya.

Perwakilan Bidang Kerja Sama Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Tri Winarsih menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan pihak UKWMS Kampus Madiun. Hal itu menjadi peluang bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UKWMS untuk magang dan berinteraksi dengan BBJT.

"Kami berharap ada kebijakan dari prodi untuk menginstruksikan mahasiswanya melaksanakan UKBI sebagai syarat kelulusan," kata Tri Winarsih.