Lombok Tengah (ANTARA) - Seratusan pembalap meramaikan bLU cRU Yamaha Sunday Race di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang digelar Mandalika Grand Prix Association (MGPA) bersama Yamaha Racing Indonesia, 26-27 Oktober.

"Ajang ini diikuti 186 pembalap dan menjadi babak penentuan perebutan gelar juara umum bagi sejumlah pembalap tanah air," kata Assistant General Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Johannes BM Siahaan di Lombok Tengah, Sabtu.

Kejuaraan ini merupakan seri pamungkas atau putaran final bLU cRU Yamaha Sunday Race (YSR) 2024 yang digelar sejak awal tahun lalu.

Kali ini, kejuaraan juga menjadi lebih menarik dengan kehadiran Aldi Satya Mahendra, sang juara dunia World SSP 300 2024 dalam ajang WSBK di Sirkuit Jerez, Spanyol, beberapa waktu lalu.

Selain itu sejumlah pembalap kawakan juga hadir, di antaranya Rey Ratukore, Galang Hendra Pratama, Wahyu Nugroho, AM Fadly, Candra Hermawan, Fahmi Bassam, Robby Sakera, Eric Saputra, Aldiaz Aqsal Ismaya, Alfi Husni, Gupita Kresna, Arai Agaska, Felix PM. dan lain-lain.

"Para peserta dari bLU cRU Pro Racer atau pembalap profesional dan bLU cRU Private Racer atau kalangan komunitas menambah keseruan ajang ini. Mereka begitu bersemangat menjalani kompetisi yang sudah mengakar sejak 2015 dan sudah masuk tahun kedelapan," katanya.

Berbagai kelas yang dihadirkan dalam putaran ke-2 YSR 2024 Mandalika adalah Superstock 1000 cc, Superstock 600 cc, R25 Pro, R25 Comm Pro, R25 Comm A, R25 Comm B, R15 Pro, Idemitsu R15 bLU cRU Junior Pro, R15 Comm A, R15 Comm B, R15 Comm B Beginner, dan Aerox 155 Community.

"Keseruan bLU cRU Yamaha Sunday Race di Mandalika berlanjut kembali. One Make Race Yamaha ini selalu meriah dengan atmosfer penuh passion dari semua pencinta Yamaha racing,” ungkapnya.

Baca juga: Setelah juara WorldSSP300, Aldi Mahendra tak sabar naik ke WorldSSP

Sementara itu Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengatakan sangat bahagia karena penggunaan Sirkuit Mandalika oleh Yamaha untuk kegiatan Yamaha Sunday Race (YSR) juga memberikan dampak positif bagi Yamaha dan tentunya bagi para pembalap yang mengikuti kejuaraan tersebut.

Dibuktikan dengan Aldi Satya Mahendra yang berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembalap pertama dari benua Asia yang merebut juara dunia WorldSSP300.

“Ini merupakan prestasi tertinggi balap roda dua di Indonesia, kami bangga Sirkuit Mandalika memberikan dampak positif bagi Yamaha dan tentunya bagi para pembalap yang mengikuti event ini, seperti Aldi Satya Mahendra yang berhasil mencatatkan sejarah sebagai pembalap pertama dari benua Asia yang merebut juara dunia WorldSSP300,” ujar Priandhi.

“MGPA selalu mendukung program penggunaan sirkuit untuk pembalap yang akan bertanding di luar negeri dengan harapan mereka bisa menjadi juara dan naik podium dengan mengibarkan bendera Merah-Putih dan lagu Indonesia Raya” katanya.

Baca juga: Aldi Mahendra matangkan kondisi fisik dan mental sebelum naik kelas
Baca juga: Menpora beri dukungan untuk juara WorldSSP300 Aldi Mahendra